Cara Ubah Network Name Dan Password WiFi Pada Linksys WRT54G2

Malam ini saya coba sharing tentang pengubahan nama network wifi dan passwordnya. Device yang saya pakai adalah router Linksys WRT54G. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menghubungkan/connect wifi terlebih dahulu. Setelah itu kita dapat melihat default gateway jaringan wireless yang kita pakai. Caranya klik start-> run-> cmd/command -> ipconfig. Lihat pada bagian keterangan wireless LAN dan liat default gatewaynya seperti tampak pada gambar dibawah.

Okay, pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa default gateway-nya adalah 192.168.0.1 sekarang buka browser dan masukkan angka2 tadi. Apabila diminta username dan password isikan dengan admin (username dan password tergantung sesuai dengan yang kita beri waktu pertama kali instal), anda akan masuk pada tampilan website linksys, masuk ke tab wireless. Untuk tab yang dibawah pilih basic wireless settings. Wireless configuration diset ke manual, wireless network name (SSID) dapat diubah sesuai dengan keinginan kita habis itu disave seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Setelah langkah di atas, langkah selanjutnya masih pada tab wireless tetapi di bawahnya wireless security, WPA shared key dapat diubah sesuka kita dan setelah itu disave seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

27 thoughts on “Cara Ubah Network Name Dan Password WiFi Pada Linksys WRT54G2

  1. hi, maksudnya nama pertama untuk username ya? coba direset loh, biasanya yang saya tahu default tetap admin, CMIIW :) thx

  2. Hi rizky, tekan tahan tombol reset nya…biasanya nyempil bolongan kecil, ditusuk pake pen selama beberapa detik dalam keadaan off…thx

  3. mas alpen, saya mau tanya bener gak yah modem speedy kita di ganggu orang lain yg tidak masuk di dalam jaringan, dlm hal ini kantor saya, soalnya koneksi internet di kantor saya lambat, dan personalia saya menduga IT kantor sebelah yg mengganggu koneksi di kantor saya, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    • Hi eko, sorry for late reply. Kalau boleh tahu koneksi modem speedy disharing ke berapa komputer? Pake paket yang berapa? Susah juga sih kalau menduga IT kantor lain mengganggu koneksi, atau di kantor ada pake wifi? coba ganti password wifinya. Trims

  4. bang saya sudah mengikuti cara di atas, masalahnya ketika saya tekan tombol reset nama yang awalnya Admin berubah menjadi Untitled, terus username dan paswordnya saya masukkan tapi selalu salah, dan rowter ini tipe d-link gak tau dulu yang nginstal siapa tapi roter ini normal saya pakai, hanya saja masalah mengganti pasword saja yang gagal, mohon pencerahannya. plis…

    • Hi zainal, gw belum pernah ketemu kasus seperti u punya. Biasa kalau kita reset router, dia akan back to default (factory settings). Defaultnya sih username & password admin, kecuali bbrp router linksys yang ada settingan username & password yang sudah ditetapkan. Sekarang bisa masuk ke menu setingan wifi seperti gambar gw di atas? Trims…

      • Hi azwir dan johan, klo mau ganti default user & password admin, bisa masuk ke menu administration, pertama masuk ke menu setingan wifi dulu cari bag. administration. Ganti di sana. Thanks :)

  5. wireles conection 13…
    tapi ip addresnya gbsa disimpan karena sama dengan conection yang ke 1 sampai ke 12…
    sedangkan mau conect ke sebelumnya gak bisa karena sebelumnya terkena masalah di softwarenya…
    nah jadi bagaimana cara mereset wireles conectionnya itu supaya ip nya bisa di save…

    minta pencerhannya ya bang…. mksh sblumnya…

  6. saya mau tanya dong ,gimana caranya agar orang yang pakai wifi kita itu ketika buka google harus masuk ke suatu link yg berupa log in dulu seperti kita ingin menggunakan wifi di mcdonald’s mohon bantuannya .
    terima kasih

  7. Mas, saya udah coba post diatas.
    Saya pakai router cisco E900 (bawaan dari First Medianya kayaknya). Saya berniat ganti password wifi karena saya mengira koneksi saya melambat, tidak seperti biasanya, dan saya pikir itu disebabkan oleh tetangga2 saya yang connect ke jaringan wifi rumah saya. Tapi ketika saya sudah ganti passphrasenya, koneksi internet mati. Apa itu natural?
    Nah terus setelah itu saya coba connect lagi, tapi gabisa. Terus saya troubleshoot, ada tulisan “investigate router or access point issues” dana ada tulisan semacam mematikan modem + router selama 10 detik lalu nyalakan lagi. Itu sudah saya lakukan, tapi masih belum bisa connect. Lalu di modem, saya lihat send/recieve tidak menyala,padahal sudah saya tunggu 15menit lebih (sampe brazil vs jepang abis :p). Tapi masih belum bisa. Apa yang salah kira2 dan bagaimana memperbaikinya? Terimakasih.

Leave a Reply

