Membuat Installer (.exe) Windows dengan VB.Net

Hi all, cuma mau sharing neh. Bagi yang familiar dengan programming, tentu sering membuat project. Tapi bagaimana kalau kita mau menerapkan project kecil-kecilan kita ke komputer orang? Dalam hal ini yang kita bahas adalah membuat program dengan Ms Visual Basic.Net, tentunya program VB.Net cukup berat dan tidak mungkin kita menginstal di kompie orang yang ingin menjalankan project kita.

Caranya tentu dengan membuat installer (.exe) seperti aplikasi windows lainnya. Tapi sebelumnya kita perlu menginstal windows installer 3.1 dan .Net framework 3.5(yang saya pakai). Untuk membuat installer exe dari VB.Net, yang pertama kita lakukan adalah membuka project kita terus cari File -> Add -> New Project.

Pilih Other Project Types (sebelah kiri) -> Setup and Deployment, terus pilih Setup Project (di sebelah kanan), lalu kita tentukan nama dan lokasi installer yang hendak kita buat.

Setelah selesai, maka kita akan masuk File System Setup, klik kanan Application Folder pilih Add -> Project Output seperti tampilan di bawah ini.

Setelah selesai, maka kita klik kanan dari primary output yang dibuat di atas, klik kanan create shortcut to Primary Output. Lalu kita rename Project Output sesuai nama project yang kita kehendaki.

Setelah selesai, maka lihat di bagian kanan, project yang telah kita create, klik kanan terus pilih build.

Setelah selesai, cari installer yang baru kita buat tadi di lokasi, dan coba instalkan di kompie lain. Setelah instal, untuk membuat shortcut di desktop, masuk ke drive C:/Program Files/Default Company Name/Nama Project kita -> send aja ke desktop. Project installer exe kita sudah selesai di-create.
Semoga bermanfaat. :D

 

+Alpen Yap

43 thoughts on “Membuat Installer (.exe) Windows dengan VB.Net

  1. Hi, iya sudah meng-include file dll, yang penting kompie target sudah terinstal .Net Framework, maka aplikasi installer vb kita bisa berjalan di kompie target, thx

  2. serius database (.mdf) filenya hanya cukup di copy saja di komputer target??

    bisa di jelaskan lebih spesifik lagi?

    karna saya udah pernah coba tapi tetap saja saat gagal, yang ada malah “Not Responding” saat beberapa form yang mengakses ke database file (.mdf) nya itu melakukan prosesĀ² yang ada kaitannya dengan query ke database.

    mohon bantuannya, karna udah googling dlm beberapa hari ini saya masih tdk bisa menemukan cara yang mudah dipahami.

  3. Hi, iya dalam hal ini file database saya taruh di folder C: di komputer target
    dari vb saya buat 1 modul, dari modul ini saya panggil database tadi
    Public ConnStr As String = “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source =C:\DataRegistrasi.mdb;”
    Public Conn As New OleDbConnection(ConnStr)

    saya sudah coba di komputer dengan spesifikasi rendah (Pentium 4, 256MB) bisa berjalan programnya…
    semoga membantu :D

    • begini mas bro saya pake conncection string sperti ini

      public con as new sqlconnection(“Data Source=.\SQLEXPRESS;AttachDbFilename=|DataDirectory|\penjualanDaging.mdf;Integrated Security=True;User Instance=True”)

      pake itu mas bro, kira2 connection string tsb ngefek nda kalo saya taruh satu folder dimana aplikasi diinstall??

      saya masih bingung mas bro…
      makasih udah jawab pertanyaan sebelumnya.

    • asslam…maaf mas Alpen…
      yang diatas kan pake access (“Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source =C:\DataRegistrasi.mdb”) nah klo pake SQL bagai mana…kan ada nama pc servernya seperti berikut?…
      STR = (“Data Source=MLUTFIEAFFANDI\SQLEXPRESS;Initial Catalog=antrian_lab;Integrated Security=True”)

      mohon balasannya di email saya ya Om.. abbiebudiman@gmail.com ….terima kasih :D

  4. maaf mas udah ngrepotin udah nemu caranya ternyata di client harus terinstall “sqlserver” dulu. saya lupa kalo harus ada service yang handle databasenya…

    makasih udah bantu.

    • Mas mau nanya nih. Kalo di client sudah ada SQL server itu tinggal attach DB aja ??
      nah masalahnya nge-attachnya darimana kalo DB tsb ga ke include saat proses .exe-nya ?
      apa harus seperti yg dikatakan mas Alpen ? di-copy manual saja ?? Mohon bantuannya mas .
      saya sudah pake VB.Net 2012.
      Makasih sebelumnya.

    • mas Nyus…mohon maaf mau naya…gimna caranya mas…soalnya yang d compter lainnya gak bisa jalan karena koneksi error,…pdahal sudah saya install SQLnya d komputer client

  5. hai, maaf lama baru reply….i see, di komp target harus terinstal sql dulu seperti contoh saya, menggunakan database ms access jadi di komp target cukup terinstal Ms. office. Thx sharingnya…:D

  6. Thank’s artikelnya bermanfaat.

    Ternyata semua file dapat di include termasuk database demikian juga sortcut dapat langsung tampil di desktop + start menu, dan saya rasa akan berjalan dengan sempurna dikomputer lain jika kita tau file-file (dll & ocx) yang dibutuhkan oleh project kita, karena dapat kita targetkan kemana file tersebut akan diinstall.

  7. Hi mai, thx uda berkunjung di blog saya. Yup sama2. [quote]“shortcut dapat langsung tampil di desktop + start menu”[/quote] itu gimana ya? sejauh yang saya coba, saya belum berhasil otomatis tampilkan shortcut ke desktop begitu instal, mesti bikin shortcut sendiri dari C:/Program Files/Default Company Name/
    Please advise. Thx

    • - dalam Folder “User’s Desktop” untuk sortcut di desktop
      – dalam folder “User’ Programs Menu” untuk sortcut distart menu

      Create sortcut di kedua folder tersebut dan kalau target dari sortcut tersebut tidak tampil otomatis, bisa di atur di Propertiesnya.

  8. Just FYI, kalau untuk Visual Studio 2010 langkah-langkahnya : Other Project Types (sebelah kiri) -> Setup and Deployment –>Visual Studio Installer –> Setup Project n also untuk .Net Framework yang diperlukan adalah versi 4 dan diperlukan juga windows imaging component :)

  9. mau tanya dong bang,…. kalau pakai cara itu kan di dalam 1 folder terdapat banyak include2,… nah bagaimana caranya agar jadi 1 file exe kayak vb 2006 gtu… ohon penjelasanya,.. terima kasih.

  10. Hi Kamal, mksdnya hasil proses pembuatan installer kan? begitu u ikutin langkah di atas, hasilnya 2 folder : debug & release, yg debug isinya Setup & Windows Installer Package. Kayaknya cara di vb 2006 & 2010 sama loh sejauh gw liat (CMIIW), thx :)

  11. mas mau tanya..saya sudah berhasil mengcompile project saya..semua berjalan dengan baik. tapi masalahny setiap mau menambah data muncul pesan error “Operation must use an updateable query”. mohon solusiny mas…
    saya pake access 2003..

  12. Hi Hendra, hmm dari pesan errornya seperti dari koneksi databasenya, coba dicek connection string yang dipakai: ODBC, dll…pake vb versi berapa? thanks

  13. tapi klo pake crystal report apa file pendukung CR langsung ke include jg, klo belum gimana carax saya pake VB 2010

  14. oo iy mas maaf sblumny prtanyaan saya kurang lengkap, maksud saya, file gambar tu otomatis akan di-load kalau program dijalankan… masalahnya file gambarnya banyak, saya jadikan 1 folder, bgaimana supaya folder tu bisa ikut di-add?

  15. mas maaf mau tanya, knpa ya sehari setelah buat setup, file setup tersebut terblok/terdeteksi sama avast(yg brpa setup maupun yg sudah di instal)
    thank

  16. Mas mau nanya nih, saya pake VB.Net 2012 dgn koneksi SQL Server 2008 R2.
    Nah biar pas di Publish, si DB tersebut include jg gmn yah mas ??
    Mohon dijelaskan, saya kurang mengerti mas soal nge-include DB SQL saat di Publish / di .exe-kan . Terima kasih sebelumnya mas.

  17. Ada yang pernah pake devexpress ga? kalau ada mau tanya bagaima menjalankan aplikasi yang saya buat tanpa harus instal devexpress nya ke komputer client?

  18. punten mas mau tanya saya ud coba instal di komputer selain komputer saya tapi saat saya mau buka laporan laporan’a engga keluar tapi yg keluar tulisan “LOAD REPORT FAILED” database saya acces mohon bantuan’a

  19. Punten saya mau nanya, ketika kita nginstall app-nya di komputer client, bagaimana dgn database nya? saya ketemu error terus masalah database, tolong mas jelasin langkah2nya biar database nya gak error koneksinya. nuhun mas.

Leave a Reply

