Tinta Printer Epson L100 Tidak Keluar

Hai netter. Kali ne saya coba share pengalaman waktu pertama pakai printer Epson L100 untuk di kantor. Karena masih belum begitu familiar n masih baru, saya begitu antusias untuk mencoba printer jenis ini.

Dari tahap pemasangan printer sampai pengisian tinta (waktu beli kondisi belum terisi, kita sendiri yang isi tinta)sampai tahap instalasi no problem, semua lancar2 aja. Begitu tes print, hasilnya tidak keluar ! Hmmm..Mungkin kurang beruntung, pikir saya waktu itu. Dicoba berkali-kali masih ketemu masalah yang sama. Sempat ada kepikiran untuk bawa ke servis centre ganti baru (karena baru beli). Tapi kalau untuk printer baru dipake sudah bermasalah rasanya ganjil.

Coba saya utak-atik dulu. Setelah saya lihat manualnya, ternyata saya salah setingan di bagian pengunci tinta printer. Harusnya mengarah ke atas (printing) bukan ke bawah (transporting) apalagi ke samping.

Langkah yang saya tempuh ya coba2 aja tes cleaning, nozzle check , dkk..gak bisa juga sampai akhirnya saya ketemu pilihan power cleaning (yang jarang saya ketemu di printer lain sebelumnya). Saya coba tes power cleaning selama beberapa saat sampai selesai. Begitu selesai hasilnya keluar ! Memank sih tidak begitu direkomendasikan karena cukup menguras tinta (I think so) tapi ya lumayan lah buat kita newbie yg salah settingan waktu instalasi tinta.

Untuk masuk ke menu power cleaning dilakukan beberapa langkah berikut.
klik kanan printer -> printing properties / printing preferences ->maintenance -> head cleaning -> power cleaning -> Start (setelah selesai tunggu beberapa saat)

Saat masuk menu head cleaning, akan tampil seperti gambar berikut.

Semoga bermanfaat. :D

Bagi yang suka / terbantu dengan artikel ini, boleh donk minta , thx… :)

 

+Alpen Yap

133 thoughts on “Tinta Printer Epson L100 Tidak Keluar

  1. saya orang baru dalam penggunaan Printer, saat ini printer saya punya masalah yang sama diatas, namun saya kesulitan menemukan power cleaning, Mohon penjelasan lebih pak alpen?
    Terimakasih

  2. Hi deriski, untuk bisa masuk ke power cleaning, pertama masuk ke ke control panel dulu (untuk windows). klik start -> control panel -> cari menu printer -> klik kanan printer Epson L100 -> printing properties ->maintenance -> head cleaning -> power cleaning.
    Semoga membantu, thx :)

  3. pakkk… pny saya jg begitu,, ga mau keluar tinta pas cetak, ud d cleaning + power cleaning jg tetep ga mw keluar..solusinya dnk pakk.. butuh bgt niy bwt print skripsi. makasihhh

  4. Hi, satu solusi dari saya ya power cleaning. Kalau tetap bisa, coba aja bawa ke tempat servis printer untuk diclaim garansi kalau masih baru. Maaf hanya ini yang bisa saya bantu. Trims udah berkunjung ke blog saya. Trims :)

  5. Wuahhh!!! Makasih ya!! :D Nemu nih artikel tengah malem~ Hahah..
    Sampai power cleaning n akhirnya keluar juga.. ^^

  6. punteeennnn….
    ada masalah pada printer saya…
    gk bisa refill tinta….
    gmna nie solusinya…
    gmna cara refill tintanya………….???????????????

    printer saya epson L100

  7. Hi, maksudnya direfill? tinta asli or bukan? Kan sistem tinta Epson L100 uda botol, kalau diisi ulang mesti yang original loh (sejauh yang saya tahu gak ada tinta non original buat printer ini). Cara refill tintanya biasa aja, ada di buku manual dari printer. Apakah ini yang u maksud? May it help u. Thx

  8. ama L100 aneh, klo pake format text, text and image tuk print hasil nya tulisan nya bergaris, tp klo pake format best photo bagus, tapi ngeprint nya kaya keong jalan nya, kira kenapa ya gan, baru kemarin jadi aneh gini, sebelum nya thanks gan :-)

  9. hmmm…saya selalu pakai format text aja dan hasilnya lumayan bagus. Kalau memang tulisannya bergaris, uda coba di-cleaning? Dari yang saya lihat, printer ini memang print-nya lambat loh, sangat terasa lambatnya bila dibandingkan dengan printer lain. Ini kelemahan printer ini. Apalagi kalau print foto. Semoga membantu gan. Thx :D

  10. udah di cleaning ampe brapa kalee masih begitu aja ga, mgkn lg apes L100 ane, hehehhe,makasi ya tips nya,met kenal gan :-)

  11. hi, salam kenal juga. Kalau dicleaning bbrp x juga gak bisa, bisa juga rusak purge unit printer. Kalau masih garansi, bawa ke tempat servis resmi aja gan, thx :)

  12. Mak..Nyus.. bro printer ku langsung bisa digunakan kembali, padahal sebelumnya sudah bisa ngeprint mungkin ada tangan jahil yang ngutak-ngatik nih printer maklum banyak tangan untuk ngerjain pesanan mug, thank bro, berkat artikel anda aku bisa kerja kembali….ehh jangan lupa kunjungi koleksi mug aku ya di http://istanamug.com

  13. L100 pny saya akhir2 ini sering ga jelas stu garis panjang,
    udah di clean bagus sebentar ntar balik lagi ilang beberapa garis kecil,,
    klo kebanyakan di clean memory dalam print penuh dan harus di bw ke epson,, huft,,,

  14. @dedy : ok you’re welcome
    @Istana Mug: thx too, will do :)
    @masfaiz :skrg sudah bawa di service center epson? terakhir gimana?

    Thx all :)

  15. Pingback: Reset Printer Epson L100 | Just Can't Get Enough

  16. Gan, L100 ane tintanya jadi gelap… biru jadi biru tua, kuning jadi oranye, merah jadi merah tua… itu kenapa ya??? trus kalo cara ngebersihin (nguras) catridge nya gimana ya?? soalnya tinta masih lumayang banyak…

  17. Hi bayu, uda coba cara di atas (power cleaning) ? gw blm prnh nguras cartridge juga sih….klo tintanya masih banyk bagusan jangan loh…

  18. Ini bukan masalah hasil di kertasnya, tapi di tinta yang ada di catridge… warnanya itu jadi… gimana ya.. kalo bahasa biologinya membusuk.. bahasa orangnya g tau.. warnanya tu jadi gelap semua.. jadi bisanya cuman nge print hitam putih..

  19. Alhamdulillah ini blog sngat membantuku,,, kupikir bwa kservis lgi trnyata kucuba tips ini tintax berhasil kluar,,, trima kasih tas tipsnya….SIDRAP SULSEL

  20. @bayu, kalau sudah ketemu masalah yang u blg, bagusan dibawa ke tempat servis sih…btw napa bisa sampe begitu ya??? Punya gw ok aja sih selama isi ulang cuma pernah sekali printernya kedap-kedip, gw cuma reset aja back to normal.

    @ichsann : ok sama2, thx uda berkunjung :) salam kenal

    @nofry hi mksdnya gmn tinta blue print? sepertinya tidak bisa sih, ttp mesti tinta ori untuk L100, CMIIW :)

  21. waaahhh,, terima kasiih,, sangat membantu terhadap kepusingan mengapa biru dan kuningnya ga keluar walopun penuh tintanya..
    regards,
    PG

  22. tolongin dong …
    printer saya kalau ngeprint gak keluar text sama seklai.
    udah di head cleaning, print head aglemnt.
    tetep aja kaga keluar sama sekali…
    kuncian tinitanya juga udah di buka.

  23. mas brew,. makasih yach,..
    gara2 kelupaan buka kuncinya semaleman gak bisa kerja, untuk pas buka2 forum nemu sampean,… hehee
    makasih sekali lagi mas brew,.. :’)

  24. @Ninik @astianggraini @sibobohosuardi @tova @ima : yup sama2 :D, based on my first experience beli printer ini , thx

    @veri : printer baru atau uda pake gan? smua tinta gak bisa keluar?

    thx

  25. gan numpang nanya ya,printer epson l 100 sy hasil cetaknya brgaris. sdh sy head cleaning n power cleaning tp tetap brgaris utamanya tinta biru, sy cari info katax headnya hrs direndam pake head cleaner. tp sy tak tahu bgmn carax buka cartrig epson l 100? mohon pnjelasannya..

  26. mas, saya ingin tanya kalo untuk melakukan refill tinta melalui jaringan print server bisa dilakukan tidak, jadi tanpa harus masuk cable usb ke komputer….?
    bantuannya mas….!
    terima kasih

    • sori mas baru bls skrg. Waduuh gw belum pernah coba sih spt yang u maksud di atas. biasa gw cara manual aja refill. Bukannya printer harus dimatiin dulu kalau mau refill, CMIIW. thanks

  27. Waduch Print Saya Epson L100 nech…. Padahal Baru… udah saya coba tiga kali power cleaning kok malah ada warningnya ” The Printer Ink Pads Are At The End Of Their Services Life Please Contact Epson Support” weleh” makin puyeng saya…

  28. mas saya mau tanya, klo ada tulisan ” service required ” pada saat sedang ngeprint harus di apa in ya? soal nya biasa nya tdk ada tulisan itu. trims

  29. bagi rekan yang epson L 100 mengalami tinta tidak keluar, mungkin bisa coba tips ini. buka penutup tanki salah tinta yg tdk keluar. lalu lakukan proses cleaning head. setelah selesai maka tutup kembali. cara ini berhasil bagi saya.

    • saya juga sudah membuktikan sarannya mas qemal.
      pada awalnya ada 2 tinta yang tidak keluar yaitu biru dan kuning. 2x pake proses cleaning ga mempan. pake power cleaning jg masih ga mempan.
      agak putus asa juga setelahnya… kepikiran untuk dibawa ke tukang servis (padahal baru beli 2 hari (T_T).
      akhirnya dengan sedikit nekat saya buka tutup tankinya sebentar dan saya tutup lagi.
      abis itu di-cleaning…
      proses cleaning pertama mulai keluar tinta walaupun tidak sempurna.. (mulai agak lega hati ini.. :p)
      baru setelah cleaning ke 2 kembali keluar lagi secara sempurna..

  30. mantap mas brow…artikel ini sangat membantu saya terima kasih banyak..akhirnya saya bis ngeprint…terima kasih banyak …

  31. Pak saya mau nanya… tinta hitam di printer L100 gak mau keluar… Hasil cetakannya jadi garis2 buram… Apa ya penyebabnya…?

  32. saya baru beli epson L100, selesai install kok tidak keluar jendela untuk mengisi kode warna2nya? harus bagaimana? kondisi blinking warna rednya. trims.

  33. Hi nini, klo tidak keluar isi kode tinta, masuk ke stingan printer di control panel, test cleaning & print test page, nanti akan disuruh isi kode tinta. Begitu isi kode tinta, tidak blink lagi warnanya. Silahkan dicoba. Trims

  34. bos.mau nanya.sy pnya print epson L100.tinta belum habis kmudian saya isi ulang.namun stlah itu sya mau masukin kode tinta tp kok tdk muncul kotak pengisian kodex.pdhal sy sdh masuk di properti-maintanance-monitor 3 (seperti biasa ).Dlu kan langsung mncul kotak itu (untuk 13 digit ).tp tba2 ga muncul pd hal langkah sama.tq

    • Hi, apakah setelah diisi (walau belum habis), dan tidak keluar kotak pengisian kode, apakah masih bisa diprint? biasanya saya isi pakai 1 botol tinta langsung penuh. Jadi saya menunggu smpai tinta habis total baru gw isi 1 botol langsung. Trims

  35. buat mas qemal dan dwi…
    makasih banyak yah…
    sangat2 membantu saya…

    mas qemal said :
    bagi rekan yang epson L 100 mengalami tinta tidak keluar, mungkin bisa coba tips ini. buka penutup tanki salah tinta yg tdk keluar. lalu lakukan proses cleaning head. setelah selesai maka tutup kembali. cara ini berhasil bagi saya.

    dwi said :
    saya juga sudah membuktikan sarannya mas qemal.
    pada awalnya ada 2 tinta yang tidak keluar yaitu biru dan kuning. 2x pake proses cleaning ga mempan. pake power cleaning jg masih ga mempan.
    agak putus asa juga setelahnya… kepikiran untuk dibawa ke tukang servis (padahal baru beli 2 hari (T_T).
    akhirnya dengan sedikit nekat saya buka tutup tankinya sebentar dan saya tutup lagi.
    abis itu di-cleaning…
    proses cleaning pertama mulai keluar tinta walaupun tidak sempurna.. (mulai agak lega hati ini.. :p)
    baru setelah cleaning ke 2 kembali keluar lagi secara sempurna..

    saran ini sangat membantu saya..
    kasut dwi sama persis seperti yang saya alami…
    tks banget :)

  36. hi gan, kenapa ya baru baru ini ketika saya print pake epson L100, hasil print nya tuh jadi warna pink ama item aja.. padahal di gambarnya ada warna biru & kuning.. udah saya coba beberapa kali tp tetep warna kuning & biru ga keluar.. yang keluar cuman pink.. tp klo saya print nya hitam putih aja sih bagus.. mohon solusinya gan…. thanks before :)

    • Hi danni, tinta warnanya masalah gitu ya? uda coba power cleaning seperti cara di atas kan ya? klo masih bisa, takutnya kena di head gan…klo uda kena di head, bagusan bawa ke servis centre. Semoga ketemu solusinya ya…

  37. Bermanfaat banget nich infonya…kerjaan lagi banyak tiba2 printer warna ngk keluar. Cari solusi lewat “om google” dulu..nyasarnya ke webnya bro Alpen ini..thanks banget ya bro…untuk solusinya

  38. Thanks sob….setelah bolak balik ke tukang servis and ga kelar2…akhirnya gw dah coba tips dari elu, ternyata mak nyussss…bisa lagi printer gw…hehehehehhe

  39. Salam IT. .
    Mas , Printer saya Jugha Gak Maw kluar tinta sama sekali.
    padahal printer baru dan untuk langkah-langkah pengisian sudah saya lakukan dengan benar.
    dan printer epson l100 saya sudah ready.
    tapi tetap saja tidak mau keluar. .

    Mohon Bntuannya Mas .

    Thank’s :-)

  40. Thanks infonya mas bro…. setelah baca blog ini akhirnya saya coba dan berhasil, sebelumnya hasil print dikantor tempat saya bekerja tidak keluar… makasih mas tipsnya…

  41. ada yang bisa bantu saya?, Epson L110 saya minta Reset Ink, lampu merah nyala, nggak mau print lagi padahal tinta baru abis di isi

  42. Pak, saya juga pengguna epson ini, saya punya masalah tinta warna nya keluar tapi hanya merah muda aja warna yang lain tdk keluar, kalo tinta yang hitam sih gak ada masalah. Tolong dibantu

  43. terima kasih mas bro… saya juga mengalami hal yang sama.
    dan ternyata memang saklar pengunci tintanya belum saya ubah.
    maklum.. ditinggal mudik seminggu jadi lupa.. hehehe :p

  44. Klau tinta biru nya tdk sempurna bgaimana ya ? Sudah dilakukan head sama power cleaning. Yg ad malah tinta nyusut drastis..
    Hsl ttp yg biru gk sempurna.

  45. permisi..
    printer L110 sya tidak berfungsi warnanya…
    kalo di cleaning, garis warnanya untuk biru,merah dan kuning. menjadi hitam.
    apa ada pengaturannya untuk warnanya?
    tolong solusinya.

  46. Pingback: Notifikasi Ink Charging Printer Epson L550 | Reach for the Sky

  47. kalau menggunakan printer Epson L110 untuk Print server apa suport.. soalnya saya mau pasang print servers di printer saya..

Leave a Reply

