Mengatasi BootMGR is compressed

Malam semua. Kemarin niat hati mengurangi beban drive C: karena kapasitas harddisk sudah penuh, saya coba membersihkan file-file yang tidak diperlukan seperti file temporary, disk clean up, samapi menggunakan tune up utilities untuk memfree disk space pada C. Akhirnya karena penasaran saya memberi tanda centang pada properties drive C: pada menu compress this device to save disk space. Entah ada hubungannya atau tidak, setelah saya restart, malah tidak bisa login windows. Terus muncul pesan BootMGR is compressed, press Ctrl + Alt + Del to restart.



Karena sebelumnya pernah mengalami hal serupa ketika masih kerja di toko komputer, tentu saya sedikit mengerti untuk mengatasi ini. Hmmm… laptop saya pake windows vista OEM (sistem recovery, & tidak ada DVD), saya coba tes recovery dengan tekan F3 saat booting, tidak berfungsi. Yang ada dia tetap layar hitam dengan pesan seperti di atas. Saya coba boot dengan CD windows XP, malah bluescreen. Akhirnya jalan terakhir, saya coba boot dengan DVD windows 7 dan akhirnya bisa. Saya coba boot dan masuk ke menu recovery, lalu masuk ke command prompt.
Setelah masuk ke command prompt, akan keluar X:\System> .Pertama pindah ke drive C dulu C:
terus ikuti langkah berikut

- bootrec /FixMbr
- bootrec / fixboot
- bootrec /rebuildbcd
lalu exit dan restart

Setelah restart, laptop saya sudah bisa login ke windows dan berfungsi normal kembali.

Semoga bermanfaat, komentar agan2 sangat ditunggu. Trims :)

33 thoughts on “Mengatasi BootMGR is compressed

  1. halo mas alpen salam kenal. saya mengalami masalah serupa tapi dalam hal ini laptop bukan milik saya. sudah dicoba cara di atas maupun expand bootmgr temp tapi hasil masih sama. tapi kalau saya boot dari hiren’s cd (boot from win 7/bootmgr) bisa masuk ke windowsnya. sudah chkdsk jg hasil no problem. mohon bantuannya. terimakasih.

    ps: os win7 ultimate, laptop satellite L630

  2. Hi rendra, sori baru reply. Kalau boot dari hiren pasti bisa ya? I see… sebelumnya u sdh tau kira2 penyebabnya? Hmmm gak bisa cara di atas ya? kalo tes cara ini : begitu masuk command prompt, ketikkan “copy bootmgr c:\”
    setelah selesai enter->exit->reboot
    May it help u. Thx

  3. Atau cara ini (dari artikel lain): Boot melalui DVD win7 dan Anda akan masuk ke Menu installasi Windows 7.
    Saat tampil menu memilih bahasa dll, klik Next.
    Pilih Repair, lalu installasi akan mencari kesalahan atau kerusakan pada windows 7 Anda dan mencoba memperbaikinya setelah itu mengkonfirmasi untuk restart.
    Pilih Restart/Reboot.
    Boot kembali ke DVD, ulangi langkah di atas tetapi disini tidak meminta untuk restart.
    Klik Next untuk melanjutkan, lalu pilih opsi pertama yaitu “Fix the startup problems” lalu windows akan memperbaikinya dalam beberapa menit dan meminta untuk restart.

    Thx

  4. halo mas, sebelumnya saya jg sdh coba copy bootmgr tp acces denied. trus repair dari boot dvd win 7 jg tdk berhasil. akhirnya saya baca artikel lain dgn masalah sama tapi os vista. dikatakan penyebabnya adlh drive c propertiesnya pake compress drive to save disk space, solusinya pada saat boot dvd trus pada pilihan load driver sebelum recovery console, pada drive yg ada win 7, uncheck compress drive, ok, masuk command prompt & lakukan langkah bootrec. tapi win 7 ga ada pilihan unchek jadi saya masuk windows lewat hirens trus saya unchek manual. boot lg lwt dvd win 7, masih blm mau jg pdhl sdh bootrec. saya iseng del bootmgr lama & copy bootmgr dari dvd, bootrec, restart. akhirnya berhasil juga. ini sedikit info bwt yg laen juga klo msh kesulitan sama bootmgr. sblm & ssudhnya trimaksh atas bantuannya mas.

  5. Hi rendra, thx for tips. Saya sendiri pakai OS vista di laptop. Kemarin itu kesalahan saya memberi tanda centang pada properties drive C: pada menu compress this device to save disk space. Yang saya lakukan itu langkah saya di postingan di atas, dan bisa berhasil so I don’t try the other way. Anyway, thx for input tips…:)

  6. sorry gan… sekedar info tambahan… langkahnya sebenarnya gak perlu delete bootmgr … tapi cukup :

    1. ga usah pindah ke c: , tetap di x:\sources>
    2. langsung aja bootrec \fixmbr
    3. lanjutkan ke bootrec \fixboot

    bisa gan….. good luck… sekedar nambah wawasan aja

  7. sudah masuk ke bios, first boot cd/dvd…. kok masih seperti gambar diatas, bagaimana cara nampilkan command prompt nya??….. xp2 sudah masuk, win 7 juga tapi masih seperti gambar diatas. tolong dibantu bos… terimakasih.

  8. gan klo udh di masukin ni cd win 7 nya tp tetep muncul terus BOOTMGR is compressed nya,mesti gmna ya?please bantuu

  9. Mantap gan.. Ana kejadian sama, setelah browsing ketemu Agan deh. Langsung sy coba, cmpie sy berhasil booting.. Thanks a lot & hatur nuhun..

  10. gan ko udah saya coba repairs mash saja ga bisa…terus udah masuk command prompt jga ga bisa.. apakah ada lagi cara yang lain ?? trima ksh gan

  11. Malam Gan… ane baru ketemu masalah kayak gini gan. ane juga udah mencoba saran agan, tapi tetep aja kagak bisa gan. malahan waktu ane masukin installer windows 7 si laptop kagak bisa ngebaca , tetep aja muncul BOOTMGR IS COMPRESSED , padahal setting boot pada biosnya dvdDrive sudah pada urutan pertama. laptop ane COMPAQ CQ40

    • lap top sy jg cq40 kang, masukin CD windows7, coba agan restart ulang kemudian tekan esc sampai muncul pilihan mau booting dimana, trus pilih booting dr cd, jika berhasil maka laptop akan masuk tampilan macam mau install windows trus untuk munculin comantpromp agan musti tekan shift+F10 lanjut agan masukin code seerti di postingan atas sanpai selesai trus keluar dari comppromp dan windows installation baru agan matiin paksa. Hidupin lagi semoga berhasil. Malam ini ane udh mencobanya. thanks…

Leave a Reply

