Cara Reset Default Printer Brother Multifunction MFC6490CW

Malam semua, kalau sebelumnya saya pernah sharing masalah printer brother yang kelihatan garis vertikal ketika di-scan di link ini, kali ini saya coba share cara untuk reset ke default (dalam arti setingan default dari pabrikan brother). Dalam hal ini printer brother yang digunakan adalah MFC 6490CW.

Awal masalah yang saya hadapi ketika belakangan ini printer brother di kantor tidak secara otomatis menerima fax. Kirim fax tidak ada masalah tetapi begitu menerima fax, tidak ada bunyi fax, dan hanya tersangkut di printer. Muncul warning 1 document, fax preview pada mesin brother. Memang sih, fax preview bisa kita print manual, tapi hal ini tidak efisien mengingat kalau fax yang masuk banyak, maka kita harus print semua dengan cara manual. It wastes time.

Saya coba mengubah beberapa setingan (sesuai petunjuk manual printer), tapi hasil yang saya dapatkan, fax masih tersangkut dan tidak ter-print otomatis. Solusi terakhir hanyalah reset default, mengingat setiap ada masalah seperti hasil print lambat, gagal untuk print dan fax saya selalu reset default. Walau setingan printer brother tidak pernah diubah/diutak-atik tapi tetap aja masalah bisa datang suatu saat.

Cara yang saya tempuh untuk reset default :

cabut kabel power -> tekan tahan tombol menu lalu colokkan kembali kabel power, tekan tombol menu terus sampai keluar maintenance (kira-kira 10 detik), lalu tekan 91 -> akan muncul parameter unit -> maintenance -> lalu tekan 99 -> finish
maka printer brother akan terset default kembali.

Tentunya setelah diset default, semua komputer kantor tidak bisa print dan scan via printer brother tersebut, mesti direinstal kembali driver brother dimana dalam CD kemasan driver hanya support windows XP, untuk windows 7 bisa didownload online.

Semoga bermanfaat. :D
Tinggalkan komentar bila hendak meninggalkan lapak. :)

 

+Alpen Yap

105 thoughts on “Cara Reset Default Printer Brother Multifunction MFC6490CW

  1. sob aq mo nanya,,klo printer brother MFC 6490 CW,dia tidak bs ngeprint n copy cuma bs scan..jd ap yg harus aq lakukan..dilayar printerny muncul kata ” Unable to clean 50″ itu bagaimana cr mngatasinya biar bs Ngeprint lagi sob????

    • saya menggunakan printer brother DCP-j140w, sebelum nya tidak ada masalah, dengan scanner nya, Masalahnya tiba2 scanner nya tidak merespon ke komputer saya atau ke laptob saya, tapi kalau printer bisa, biasanya ka;lau mau scanner ada option mau di simpan ke komputer mana, mau ke emial, image atau file,tapi sekarang tidak muncul option itu, yg muncul hanyalah check ,kita menggunakan wifi onection, padahal conection semua jalan kalau mau printer juga bisa , mohon bantuannya

  2. Hi, thanks uda berkunjung di blog gw. Hmmm.. unable to clean 50? Dulu saya pernah mengalami kasus serupa. Penyebabnya karena saya refill tinta brother saya (ini dilema mengingat harga tinta original yang cukup mahal). Akhirnya saya bawa ke tempat servis printer Brother dan ternyata kerusakan di purge unit (pemompa tinta depan yg disedot ke head), untung tidak sampai kena di head. Sori tidak bisa membantu sob, karena untuk masalah hardware lebih baik bawa ke tempat servis printer. Thx

  3. Oh gtu ya sob…thx ya atas jwbannya…..klo gtu kekny aq hrus bw ke servis printer ni..
    ohya gua blh mntk no hp kmu g?buat tukar pendpt n pkiran /sp tau nti aq ad mslh lgi dg print jd bs lgsung sms kmu ajha sob….itupun klo boleh c…

    • Gan…

      Kalo Pengaturan Scan Multiple pada Brother DCP j125 dimana ya ??

      sudah di oprek – oprek tapi belum ketemu… kalo dari controlcenter 3 hanya pengaturan DPI dan formatnya saja….

      Mohon Bantuannya ya Gan..

  4. Hi Samuni, thx uda berkunjung di blog gw. Sebelumnya boleh tahu pakai tinta original / refill?? Saya sendiri belum pernah ketemu error clean 46, tapi kasusnya seperti tinta refill yang kurang cocok dengan printernya atau tempat pembuangan tinta penuh atau pitch controlnya (istilah teknisnya) kelewat batas. Solusi gw karena kita hanya user pengguna, bagusan bawa ke tempat servis langsung (only my suggestion). Semoga membantu ya. Trims

  5. bro gw punya printer Brother DCP-J125 . masalah nya ini printer tintanya penuh 4 warna
    nah pas mau ngeprint ni tinta warna hitamnya ga muncul gitu cuman warnah kuning ,biru ama merah aja yg bisa di print itu kira” kendalanya dmna ya mohon pencerahan nya. TQ.!!

  6. mas mau tanya karena printer brother MFC 6490 CW tidak bisa menerima fax,saya reset sesuai petunjuk diatas. makasih fax sudah bisa nerima lg cuman permasalahan nya sekarang wifi nya nggak jalan. gimana cara setting wifi nya lagi.thx

  7. Hi, sama2. Gw sendiri belum pernah coba tes setting wifi di printer ini. Setahu gw kalau sdh direset, semua kembali ke settingan default. Mesti setting ulang. Di manual sih tertulis router atau access point harus yang support Secure Easy Setup. Sorry kalau tidak bisa membantu :(

  8. bro, printer gw MFC-6490CW sam kaya di poto, ada masalah dgn tintanya, stlh di refill, yang kuning kagak kluar . dah di cleaning, eh malah ngabisin tinta yang laen. dah di ganti dgn yang asli tinta warna YCM nya, eh tetep yang kuning kaga keluar juga. bingung gw, kalo mu service mesti kemana yak yang bisa dipercaya di jkt ini?, waktu kemaren, service printer mu itu brapa lama printernya ngejogrok di tempat tukang serpisnya bro?, thx

  9. Hi, jkt gw bawa ke jl daan mogot km 12 no 9 JakBar, posisi sesudah Mitsubishi. Karena kemarin printer gw cuma error simpel, jd gak gitu lama 3-4 hari gitu…may it help!

  10. Pingback: Kode Error Printer Brother | Time of My Life

  11. Pingback: Konfigurasi Scan pada Printer Brother MFC | Time of My Life

  12. halo mas bro…gw mau tanya ni….printer gw MFC-6490CW..pertanyaan gw sama kaya mas bona tu…tinta kuning kok gak mau keluar kenapa y mas bro???ada solusi gak???thanks

  13. Hi Harry, kalau uda ketemu begini bagusnya sih bawa ke servis center. Punya gw juga ketemu kasus ini beberapa hari terakhir dan setelah bawa ke servis center, dugaan saya benar rusak di print head. Karena biaya ganti head mahal, gw pending dulu. Itu sedikit share dari gw. Thx

  14. wah mas, uda OOT nih & gw blm prnh coba. Bagusan contact servis centernya, ada gw post pada komentar2 atas, thanks :)

  15. hi,.. Blh tny g’, qu pkai printer brother mfc 6490 cw, pas dgunakan unk copy ,hasilny brgaris,tp ktika mengcopy lwt kca platen ny g mslh, kira2 gmana y solusiny, mksh sblmny

  16. misi mas mo nanya..printer saya uga brother MFC6490cw…masalahnya printer saya pada saat print tidak keluar tinta merahnya..klo yang lain lancar2 aja mas..ada solusi gak mas buat saya…terimakasih sebelumnya mas…

  17. hi mas diki, boleh nanya gak? posisi tinta merah lagi banyak yah? pakai tinta refill? uda coba tes cleaning tinta? thx :)

  18. Mas Alvin.. saya mau tanya Printer Brother MFC6490 cw saya kalu di pakek untuk copy misal nya kartu keluarga untuk garis nya gak rata sedikit dan ada teks nya hilang sedikit,Tapi untuk copy sekitar 3 buah hasil nya bagus tapi untuk selanjutnya seperti yang diatas gimana ya solusinya?kalu bisa balas di email saya ya mas : hendra.hadisaputra@yahoo.co.id *Makasih ya Mas sebelum nya

  19. Hi
    @hendra : sudah saya reply via email
    @jack : posisi tinta masih banyak? sudah dicleaning? sudah coba diganti tinta ? soalnya bisa aja kena di head.

    Thanks

  20. sob… ane mau nanya gua make print brother dcp-j125 ….gmana ngatasi kalo tinta merah ndak mau keluar pdhal dah tak clean berkali-kali
    thanks sblmnya

  21. Hi Mazsaid & Andieny, sudah pernah direfill?? Bisa aja uda kena di head seperti printer gw :( kalau masih baru coba dicleaning lagi, kantor gw di Pluit pake printer J125 juga kemarin sempat tidak keluar tinta hitam, begitu ada fax masuk dia cleaning sendiri dan akhirnya bisa keluar tinta hitam.

  22. sore mas, printer saya brother mfc 6490cw tinta warna merahnya gak mau keluar, udah di clean gak juga mau keluar, sedangkan tintanya masih banyak belum pernah di tambah sejak membelinya, terimakasi

  23. tinta merah tidak keluar,,,,gmana solusinya mas,,,,,. udah saya clening tapi tidak keluar juga,,,,,,. di tunggu petunjuknya mas.

  24. Thank’s banget infonya, sangat2 membantu saya yg baru punya printer Brother MFC-6490CW… awalnya sering eror kalo untuk copy dan print, print warna selalu berhenti separo, tp setelah saya coba reset default, alhmdulillah semua masalah di atas hilang…

    • Hi mas fandi, mau tau dulu apakah yang dirpint bnyk file/dokumen yang menyebabkan printer ngadat sehingga tidak bisa print, hal teknis lainnya, dll…uda coba direstart komputer? Trims :)

  25. mas mau tanya kenapa saya selalu ggagal install driver printer brother dcp-j125, di update juga selalu gagal, tolong pencerahannya mas, tq

  26. Enter machine maintenance mode. FAX models with numerical keypads: Press the Menu/Set, *, 2, 8, 6 and 4 keys within two seconds. (if you fail to complete the correct key sequence within two seconds, press the Stop key to try again).
    Other (non-FAX) models: Press the Menu/Set and Black Start keys. Next press the “up arrow” key four times to enter the maintenance mode).
    Press the 8 then 0 keys in the initial stage of the maintenance mode to call up the machine’s log information list (function code 80).
    Press the Black Start key several times to scroll through the log information list to reach the purge counter. The purge counter is the 25th item in the list.
    Press the 2, 7, 8, and 3 keys in this order to reset the purge count to zero.
    Press the Stop/Exit key to return to the initial stage of the maintenance mode.
    Press the 9 key twice to return to the standby state.

    An error code will display, please post that error code machine error 50

  27. salam kenal, saya pengguna MFC 6490 CW. kemaren sempet ganti head..setelah pakai beberapa lama muncul “machine error 6A itu apa ya?

    aq coba reset pencet 91 malah muncul tulisan “select 91?” kira2 apa masalah dan solusinya…makasih….

  28. Slmt Siang gan…
    Riesha mau tanya yah, gmna caranya kalo untuk scanning data di save dalam format PDF, dimana pdf tsb terdiri dari beberapa kumpulan data,(tidak satu – satu page saja pdf nya).
    Kalau ada aplikasi yg harus di dowload untuk manage data scanning media BROTHER DCP-J125
    Mohon recommend ya..?
    agar lebih flexibel nih manage datnya & sizenya gk keberatan.

    Thank’s before

  29. biaya ganti printhead kira2 berapa ya pak ?? printer brother saya kayaknya kena di printheadnya nih. mau dibawa ke servis center tp mau tau harga servis + ganti printheadnya dulu..

    terima kasih

  30. Printer aku brother dcp-j315W muncul unable to Init 48. aku coba dengan reset cara diatas setelah selesai tetap muncul tulisan yang sama, aku masih bingung dg cara memunculkan angka 91 maupun 99, makasih infonya…

  31. ass…mas bro,,,
    saya mau tanya,,,, apa penyebab nya printer itu bisa mengalami kerusakan di head…msalah nya printer gue tinta nya gk
    mau jlan,,, mungkin kena di head,,, kalau udah saya service kan bisa jga2…tolong di jawab ya mas bro…

    • @yayan : dulu saya juga pake printer 6490CW, kalau uda kena di head, harganya mahal banget ganti head. penyebab printer gw dulu rusak head karena gw pake tinta refill. Kalaupun dibawa servis, pasti disuruh ganti head sm servis centernya.

  32. mas bro saya punya seri MFC-J220 tak bisa ngeprin dan lainnya muncul unable initial 49, gimana cara ngatasinya

  33. hai bro saya mw tanya ni, saya pakai printer Brother DCP-J140W kalau dibuat ngprint lambat keluar hasilnya…..terima kasih

  34. Salam kenal dri ujung timur Indonesia.. Sya pakai brother mfc 6490cw. Masalah yg slalu membuat kesal y.i slalu muncul peringatan ” cover is open, please close the scanner cover. Padahal jelas2 semua dlm keadaan tertutup. Pd kondisi ini printer ini menjadi barang yg tak berguna. Bagaimana cara mengatasi hal ini mengingat tmpat sya cukup jauh, di jayapura. Trims.

  35. Selamat sore ,
    mau tanya , printer .sy brother MFC 6910
    muncul peringatan ink absorber full, adakh info untuk mengatasi mslh itu ? Mksh sblumnya .

  36. hallo, saya punya masalah ni, printerku brother DCP-J140W, gag tau knp tb2 black ink gt, terus ada “cannot detected” dan “reinstall slowly” maksudnya gmana ya ? saran dong

  37. Salam kenl dari saya,,,,
    Saya punya printer Brother MFC-J430W,,, Masalahnya Setiap kali di hidupkan printernya monitor hidup,, tetapi perintah di monitor posisi stenbay,, lalu printer mati,, di hidupkan kembali tidak mau masuk powernya,,, mohon petunjuknya,,,

    Petunjuknya Kalau ada tolong di Email ke Email saya
    Fandhy_djimad@yahoo.com

  38. gan gue punya brother mfc-j430w kendala yg saya hadapi catridge tidak terdeteksi. mohon solusi nya terima kasih…..

  39. Saya punya printer Brother MFC-J430W,,, Masalahnya Setiap kali di hidupkan printernya monitor hidup,, tetapi perintah di monitor posisi stenbay,, lalu printer mati,, di hidupkan kembali tidak mau masuk powernya,,, mohon petunjuknya,,,

    Petunjuknya Kalau ada tolong di Email ke Email saya
    doni_ciputra@yahoo.com

  40. gan brother ku mfc 6490 cw slalu cover is open, padahal dah di buka semua, trus ditutp lagi. tapi tetep aja cover is open. gimana gan

  41. agan-agan…tolong donk…ane punya printer MFC-J6710DW sekarang error. udah maintenance 76 . malah keluar pengingatan machine error 76. gimana gan cara mengatasinya…terima kasih.

  42. Tolong Gmna Cara Megatasi Klu Tinta Ctrignya Abis Apa BIsa Diisi Secara Manual Atau Bgmna..??? Tolng y teman…

  43. Mohon bantuan isi tinta catridgenya Bisa G Onlya di Sini Tidak seperti Biasa Kita Isi Tinta Canon biasa..onlya g bisa mohon caranya ok mksi teman’

  44. thnk untuk semunaya sy udah baca baca dari pertanyaan dan jawaban< Alhamdulillah printer saya brothder j 140 w sudah jalan kembali dengan mencabut semua tinta dipasang kembali….semoga kita semua selalu sehat bahagia dan kaya raya

  45. Bagaimana sih mematikan printer brother saat di layar printernya muncul “room temperature is too high” saya sudah hidupkan ac supaya ruangannya sejuk tp tetap layar printernya begitu saya gak bs mematikannya..

Leave a Reply

