Tips Memilih Power Supply (PSU)

Dewasa ini apabila kita membeli casing komputer, biasanya sudah tertera power supply di dalamnya. Tapi tidak semua power supply bawaan casing bagus, kecuali casing model high-end.

Lebih baik kita berinvestasi sedikit membeli power supply lebih mahal tetapi berkualitas dan tidak mengecewakan kita. Nah, bagaimana memilih power supply yang bagus ? Di bawah ini ada sedikit tips memilih power supply yang bagus.

1. Besar Daya Power Supply

Dewasa ini, untuk komputer Pentium 4 (dan keatasnya) ya minimal 450 Watt standard. Mengapa memilih daya watt yang besar ? Karena ada sebagian power supply yang menuliskan daya 450W, tapi daya real-nya tidak sebesar itu. Sebenarnya ada hal yang yang lebih penting dari sekedar watt yang besar, yaitu Rails atau kanal penghantaran daya. Yang perlu diperhatikan pada spesifikasi power supply yaitu :

* Voltase = v
* Ampere = A
* Watt = W(v*A)

Dimana pada label yang tertulis pada casing PSU masing-masing rails yang paling banyak digunakan adalah +3.3v, +5v, +12v beserta arus yang melewatinya.

* +3.3v rail * 30A = 100W
* +5v rail * 30A = 150W
* +12v rail * 15A = 180W
* Total = 430 watt (adalah daya keseluruhan PSU)

2. Efisiensi

Pada dasarnya, prinsip kerja PSU adalah merubah arus Alternative Current (AC) menjadi arus Direct Current (DC) yang dibutuhkan komputer.Efisiensi sendiri memiliki pengertian antara banyaknya daya yang diambil dari sumber listrik dengan daya yang dikeluarkan oleh komputer. Sebagai contoh, sebuah PSU mengambil daya 500 Watt dari jaringan listrik dan menghasilkan output 400 Watt, berarti PSU ini memiliki efisiensi 80%(400/500=80%). Beberapa produsen sudah menyertakan logo 80 plus pada produknya.

3. Pure PSU

Kita dapat memnentukan jenis PSU yang dapat kita gunakan, bergantung pada banyak jenis komponen dan kebiasaan yang kita lakukan pada power supply. PSU true power memilki efisiensi yang tinggi hingga 85% lebih.
Selain itu adanya beberapa pure PSU yang menggunakan dual rails (2 kanal +12v) pada +12v membantu dalam hal pendistribusian daya yang lebih efisien. Biasanya power supply true power ini memiliki fisik yang jauh lebih berat karena memliki komponen yang lebih baik dan banyak terutama trafo yang lebih besar juga disrtai heatsink/fan yang baik pula.

Contoh pure power supply yang baik menurut saya diantaranya Acbel, FSP, Tagan, Aopen, Corsair. Merk-merk tersebut bahkan memiliki peak watt yang lebih besar dibandingkan dengan yang tertulis.

One thought on “Tips Memilih Power Supply (PSU)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s