Tips Prosesor Agar Tidak Panas

Kadang-kadang ketika kita sedang bermain komputer dan tiba tiba komputer hang, sedangkan aplikasi yang kita jalankan tidak terlalu besar dan banyak. Hal ini sungguh menggangu aktivitas kita yang sedang menggunakan komputer, hal seperti ini biasanya disebabkan salah satunya karena terlalu panasnya prosesor komputer kita. Bila kita biarkan terus menerus hal seperti ini dapat berakibat fatal bagi komputer kita. Gejala lain bisa muncul warning CPU Fan Error, Press F1 to continue ketika pertama kali booting.

Disini saya coba membagi tips untuk menghindari masalah tersebut.

* Memasang Heatsink dengan Benar

Letakkan heatsink di permukaan prosesor dengan benar dan jangan ada celah udara diantaranya. Untuk mengeceknya adalah dengan cara menekan ujung heatsink, apabila ada gerak berlawanan maka masih ada celah udaranya. Dan periksa apakah heatsink dapat berputar dengan baik, karena putaran heatsink yang tersendat dapat menyebabkan prosesor cepat panas.

* Merapikan Kabel

Udara di dalam casing mengalir dari depan ke belakang. Panas yang dibuang oleh heatsink di sapu oleh aliran udara ini tidak dapat mengalir dengan sempurna kalau didalam casing ada yang menghalanginya, semisal kabel-kabel yang yang acak-acakan. Jangan meletakkan kabel diatas heatsink fan atau didepan fan tambahan.

* Memberikan Thermal Paste / pasta

Sebenarnya permukaan heatsink dan proses yang saling bersentuhan tidak saling terhubung dengan sempurna lantaran kedua permukaan tersebut tidak betul rata. Kalau keduanya dihubungkan, maka akan timbul celah udara yang sangat kecil. Adanya celah udara ini akan mengurangi proses penurunan panas dari proseccor ke heatsink. Maka dari itu proses yang dipakai harus diberikan thermal pasta agar celah udara antar kedua permukaan bisa tertutup dengan demikian panas dari prosessor bisa diteruskan dengan sempurna.

* Meletakkan Casing

Meletakkan casing yang benar sangat penting untuk sirkulasi udara yang sempurna dari luar ke dalam casing kemudian di keluarkan lagi. Usahakan lubang udara didepan casing jangan sampai terhalang. Begitu pula dengan lubang sirkulasi udara dibelakang casing. Usahakan agar kedua tersebut memiliki cukup ruang. Suhu sekitar casing juga mempengaruhi suhu processor. Kalau suhu sekitar 50 derajat maka suhu yang masuk kedalam casing kurang lebih juga sekitar 50 derajat akibatnya suhu processor menjadi tinggi untuk itu letakkan casing ditempat yang sejuk dan atau punya aliran udara yang memadai.

* Menjaga Kebersihan

Bersihkan secara teratur PC dari debu dan kotoran sehingga sirkulasi udara menjadi lancar, bersihkan lubang sirkulasi yang terhambat oleh kotoran, bersihkan komponen dari debu.

Inilah cara sederhana yang dapat anda lakukan sehingga suhu prosesor anda turun sebelum memutuskan untuk membeli heatsink dan fan tambahan. Meski demikian cara tersebut belum tentu bisa menurunkan suhu 100%. Ini tergantung Prosesor yang dipakai, aplikasi yang berjalan, maupun banyaknya komponen tambahan yang terpasang. Untuk membuktikan suhu temperatur prosesor bisa dicek pada BIOS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s