Hasil Scan Brother Kelihatan Garis Vertikal


Malam Blogger, mau sharing kisah ane hari ini. Ceritanya begini, scanner yang dipakai di kantor hasil scan tidak bagus. Lebih tepatnya kelihatan garis hitam vertikal di hasil scannya. Kebetulan saya selalu set hasil scan ke PDF. Scan nya multifungsi alias merangkap print, copy, fax. Jenis Scanner Brother MFC 6490CW yang mendukung ADF (Automatic Document Feeder).

Karena sebelumnya pengalaman ane ketemu hal yang begituan di scanner merk lain biasanya bisa kena ke kaca, atau apalah yang pasti biasanya harganya tidak murah. Sempat merasa tidak enak dan mulai googling solusinya. Merasa tidak mendapat jawaban yang memuaskan, akhirnya muncul ide coba dulu bawa ke tempat servis. Atas nasihat atasan saya, yang menyuruh saya membersihkan kaca dari kotoran / debu di tempat scan ADF, saya coba membersihkan dengan pelan dan hati-hati (soalnya scanner mahal, takut juga saya). Setelah di scan ulang, eh hasilnya bagus. Rupanya kalau scanner yang ADF ketemu masalah begitu karena masalah kotoran/debu yang melekat pada scanner.

Hasil scan yang kelihatan bergaris vertikal rapi seakan-akan memang rusak sempat membuat saya heran. Koq bisa ya solusinya cuma itu, hmmm a nice lesson buat saya yang newbie.🙂

 

+Alpen Yap

12 thoughts on “Hasil Scan Brother Kelihatan Garis Vertikal

  1. Pingback: Cara Reset Default Printer Brother Multifunction « Time Of My Life

  2. Gan penah nemuin masalah Brother mfc 6490cw ndx sa display
    jadi ketika saya nyalain d Lcd tidak ada display sama sekali
    udah saya coba compar LCD tetep masih sama kyk gtu tidak ada display
    tolong dong gan saya kasih solusinya ke aden_riyadi@yahoo.com

  3. Printer saya tidak bisa konek wifi. Padahal passwordnya sudah dimasukkan dengan benar. Di setting pake laptop (saya menggunakan win7) juga tidak bisa konek. Saya menggunakan printer Brother MFC-J430W.

  4. saya pengguna brother seri DCP-J315W, kemarin ini sempat ngeprint-kertasnya nyangkut, biasanya kertasnya ditarik aja biasanya dah oke. Pas di ulang ngeprint lagi kejadian lagi, tapi ketinggalan sisa kertasnya di pinggir, setelah di coba tarik kertasnya dan di print ulang hasilnya malah nggak oke. Hasilnya kayak ada bintik-bintik di sepanjang tulisan kesannya membentuk garis halus lurus. Sempat di cleaning dan akhirnya ditambahin tinta juga, tapi tetap begitu hasilnya. Mohon solusinya dong……

  5. mantap nih membantu sekali,
    setelah saya cek emang di kacanya ada garis seperti karet yang menempel,
    setelah dibersihkan maka garisnya hilang,
    sekalian aja saya bersihin kacanya semuanya, hasilnya jadi seperti scanner baru,
    sepertinya ini berlaku untuk semua scanner, karena punya saya fujitsu memiliki masalah yang sama😀

Leave a Reply

