Fastnet vs Speedy

Saya coba membandingkan akses Internet yang tersedia di daerah kantor saya, yang menurut saya keduanya merupakan Internet Broadband Provider ternama. Kriteria the best disini berdasarkan service, harga, kecepatan, ketersediaan akses dan kestabilan.

– Fastnet dari PT. First Media.

Apa yang ditawarkan ?


Jika kurang jelas mengenai paket tersebut dapat dilihat di http://www.firstmedia.com/info/fastnet-package

– Speedy dari PT. Telkom.

Apa yang ditawarkan ?

Lalu bagaimana dengan keunggulannya ?

Firstmedia menawarkan paket Televisi berbayar + Akses Internet Unlimited tanpa “Quota”.
Sementara Telkom menawarkan Line Telp + Akses Internet Unlimited dengan “Quota” seperti tampak pada gambar di atas.

bicara Fastnet vs Speedy akan melibatkan teknologi yang di usung oleh masing-masing ISP yaitu Teknologi ADSL (Telkom) dan Teknologi Cable (Firstmedia) bisa dilihat komparasi teknologi diantara keduanya
http://www.broadbandsuppliers.co.uk/adsl-vs-cable-broadband.html

Apakah akses Internet bisa di sharing ke beberapa pengguna ? Saya tidak berbicara soal bisa di sharing atau tidak, pada dasarnya keduanya bisa di sharing. walaupun di situs Telkomspeedy ini dianggap suatu keunggulan sedangkan pada Fastnet tidak dapat di sharing (kebijakan dari Firstmedia). Belakang Firstmedia mengeluarkan paket SOHO yang dapat di sharing (sudah saya coba di kantor cabang saya di Pluit Timur, Jakarta Utara).

Bagaiman service terhadap pelanggan ? Keduanya susah disuruh datang ke kantor kalau lagi ada masalah sama internet. Kadang-kadang kalau Speedy bermasalah, susah disuruh teknisi Speedy ke lapangan cek secara teknisnya (karena dari pusat katanya tidak ada masalah). Tunggu teknisinya datang, terbengkalai semua kerjaan kantor. Setting sendiri kadang bisa menemui jalan buntu, maklum masih newbie.

Bagimana dengan ketersediaan akses? Untuk Telkomspeedy tiap satu bulan pasti ada 1 atau 2 kali gangguan baik itu lambat akses atau putus koneksi. Fastnet nyaris tiap bulan tidak ada masalah dan biasanya kalau terjadi masalah kabel optic terputus TV pun tidak mendapat sinyal, mereka akan cepat tanggap untuk memperbaiki karena pelanggannya satu blok bisa tidak nonton TV selama itu tidak diperbaiki, ini salah satu sebab akses Internet mereka cukup stabil karena mereka juga menawarkan TV yang 24 jam nonstop yang pastinya harus terjaga ketersediaannya.

So??? Kalau harus memilih, saya memilih Fastnet.

NB : Karena kantor cabang saya ada yang pakai fastnet dan speedy, jadi saya bisa mengambil kesimpulan atas perbandingan keduanya dalam hal performa internet dari semua sisi.

8 thoughts on “Fastnet vs Speedy

  1. Fastnet Kalau mau dipake lebih dari 1 komputer, musti ngakalin pake Cloning Mac Address, repot, trus IP Nya Ganti2 Lagi Dynamic, lha kalo pas ada tamu bawa laptop mau akses, apa musti dicloning juga tuh Mac addressnya ? Wah repot deh , ada cara yg lebih baik ngga ?

  2. Hi Jack, hmmm di kantor gw, gw gak cloning Mac sih….memang IP nya dinamis, gw juga pasang wifi. Untuk tamu yang datang akses inet pake wifi juga gak harus cloning Mac, bisa kok🙂
    Dari pengalaman u sendiri biasanya cloning Mac ya?

    Thanks

  3. cukup sudah berlangganan fast net, service nya jelek banget ke pelanggan….any idea saya berpaling ke provider yang mana??

  4. skrg Fastnet ga perlu cloning”an, cukup router yg dikasi sama first media lalu ane pasangin router linksys yg 250ribuan, udah deh jadi wifi dirumah sharing 3 laptop pun no problem..
    Speed? so far sih dapet speed sesuai paket yg diambil.. palingan maksimal 1 bulan 1x gangguan krn maintenance, kalo tiba” eror tinggal restart modem ama wireless routernya aja

  5. Saya dulu pengguna Speedy selama 2 tahun, dan sekarang ganti menjadi pengguna fastnet udah 2 tahun juga. Dari speed jelas sangat berbeda (ga usah ditanya, fasnet unggul). Bisa di sharing? YA, BISA!. Kos saya pake paket soho dan kami bayar 1 juta lebih perbulan nya. Kami bagi ber11 orang di kos. Pake wirelees router bisa, pake kabel di cabangin kemana2 juga bisa🙂 langsung hubungi teksini aja. fastnet ga bisa share itu berita jadul :v

Leave a Reply

