Membuat Send Receipt di Outlook

Hi all, kalau sebelumnya saya sudah share cara setup outlook 2007 dan leave messages on server, kali ini yang akan saya bahas adalah membuat send receipt. Apa itu send receipt ? Send receipt adalah notifikasi yang kita terima apabila email yang kita kirim sudah terkirim atau sudah dibaca oleh penerima email kita. Kadang kita merasa cemas apakah email kita sudah dibaca oleh yang bersangkutan atau lamanya terima balasan dari penerima email kita. Kita bisa membuat send receipt untuk mengatasi hal ini. Saya sendiri sebelumnya selalu mengirim email cc ke diri sendiri, dan apabila saya menerima email yang saya kirim sendiri, berarti si penerima email juga sudah menerima email saya walaupun cara ini tidak efisien.

Ok, saya akan langsung to the point. office yang saya pakai adalah versi 2010.

1. Masuk ke File -> Info -> Manage Rule & Alert

2. Pada bagian Rule & Alert, pilih New Rule

3. Pilih bagian Start From a blank rule -> Apply rule on messages I send

4. Pada table selanjutnya yakni Rule Wizards, pilih kondisi through the specified account, pada kotak di bawah (step 2), masukkan email Anda.

5. Selanjutnya pilih kondisi notify me when it is read. Bisa juga kalau mau tanda centang notify me when it is delivered tapi tidak bisa dijadikan patokan karena belum tentu penerima email membaca email Anda walau sudah terkirim ke tempatnya.

6. Pada bagian Are there any exceptions ? Dibiarin kosong aja, kecuali ada beberapa pengecualian sesuai kebutuhan Anda lalu pilih Finish.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, dicoba aja untuk mengecek apakah mendapat email notifikasi (send receipt) dari outlook. Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan pesan apabila tulisan ini bermanfaat bagi Anda.🙂

7 thoughts on “Membuat Send Receipt di Outlook

  1. bro, saya sudah ikuti dan ternyata bisa, tetapi notifikasinya muncul kalau dikomputer penerima mengklik yes untuk setuju buat mengirimkan notifikasi tetapi bila klik no maka notifikasi tidak ada. gmana caranya agar begitu email di baca langsung ada notifikasi tanpa harus minta persetujuan dahulu. tq.

  2. Hi, so far yang gw tau di Outlook tetap gitu sih. Dari penerima harus klik yes dulu, belum tahu ada cara tanpa minta persetujuan terlebih dahulu. will research it later. Trims🙂

Leave a Reply

