Sekilas Setting NAS

Network-Attached Storage (NAS) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network. Klien mengakses NAS melalui RPC ( remote-procedure-call) seperti NFS untuk UNIX atau CIFS untuk Windows. RPC dibawa melalui TCP atau UDP (User Datagram Protocol) dari IP network biasanya dalam local-area network (LAN) yang sama dengan yang membawa semua lalu lintas data ke klien. Unit NAS biasanya diimplementasikan sebagai sebuah RAID array dengan software yang mengimplementasikan interface RPC.

NAS menyediakan jalan yang cocok untuk setiap komputer dalam sebuah LAN untuk saling berbagi pool penyimpanan dengan kemudahan yang sama seperti menamai dan menikmati akses seperti HAS lokal. Umumnya cenderung untuk lebih tidak efisien dan memiliki peforma yang lebih buruk dari penyimpanan direct-attached.

ISCSI adalah protokol NAS terbaru. Protokol ini menggunakan protokol IP network untuk membawa protokol SCSI. Host dapat memperlakukan penyimpanannya seperti direct-attached, tapi storage-nya sendiri dapat berada jauh dari host.



Berikut langkah setting NAS (merk tertentu)
1. Lakukan instalasi NAS dari CD ke komputer
2. Setelah selesai, masuk browser ketik 192.168.1.121 (IP dinamis)
3. Masukkan username : admin, password : password

4. Setelah masuk ke Shared Folder, pada bagian Folder Setup, create folder untuk membuat folder baru sesuai dengan kebutuhan.

Kita dapat menset batasan siapa saja yang boleh mengakses folder ini dengan memberi tanda centang kotak bawah Access Restrictions.

5. Pada bagian Users/ Groups, kita dapat mencreate new user, siapa saja yang dapat mengakses folder NAS dan memberi password (opsional).

6. Pada bagian Create New user, kita dapat menentukan nama user, ID, password, dan kuota dalam NAS.

NB: Kalau menu admin tidak digunakan dan dibiarin aktif selama beberapa menit, maka menu otomatis akan kembali ke menu utama (poin 3).

Demikian sedikit penjelasan tentang NAS. CMIIW, Kalau ada tambahan, suggestion are please welcomed.🙂

 

+Alpen Yap

3 thoughts on “Sekilas Setting NAS

  1. Pingback: beda NAS dan SAN | Reach for the Sky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s