Lacak Data Hidden

Biasanya kita melacak data hidden dengan menu search pada windows atau membuka folder hidden pada windows. Ada 1 software yang dapat dengan mudah melacak data dengan atribut hidden/tersembunyi. Hidden data detector, sesuai dengan namanya software ini sangat bermanfaat mencari file tersembunyi dan software ini support banyak format seperti docx, xlsx, pptx, odt, ods, odp, odg, jpeg, png, svg, avi, wav, mp3, mp4, dan berbagai format lainnya.



Cara menggunakan software sangat gampang. Pertama download dulu di sini, instal dan setelah selesai silahkan tentukan terlebih dahulu drive atau folder yang ingin Anda scan dengan mengklik browse. Jika sudah, klik tombol Find Hidden Data untuk memulai proses scan dan hasilnya ditampilkan di sebelah kanan.
Software sejenis untuk melacak data hidden dan yang lebih lengkap fiturnya, yakni hidden file tool.

Hidden File Tool berfungsi untuk Mengembalikan file atau folder yang sebelumnya sempat “hilang” karena virus (hilang dalam arti disembunyikan). Biasanya virus akan mengganti file atau data penting di flashdisk dengan virus dan menyembunyikan file atau folder aslinya. Jika kapasitas flashdisk tinggal sedikit tetapi tidak terlihat adanya data atau banyak data yang tiba-tiba hilang, kita bisa mencoba menggunakan HFT untuk menampilkan file-file yang tersembunyi (pilih atribut Hidden ketika mencari). Setelah ditemukan kita bisa menampilkannya kembali dengan memilih file/folder yang tampil di daftar hasil pencarian, kemudian pada bagian Set Attribute hilangkan semua tanda check dan klik APPLY. Keterangan berhasil atau tidaknya akan ditampilkan di kolom keterangan. Software ini bersifat portabel, yakni tanpa harus diinstal.

Software ini bisa diunduh di sini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s