Problem : Hubungan Lemot dengan Tema Windows

Rabu ini saya pergi ke kantor cabang Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saya dapat keluhan adanya kompie bekas yang sangat lemot dan internetnya mati. Karena sudah masalah internet dan gak bisa dikontrol via remote desktop, mau gak mau saya terjun langsung ke lokasi tujuan. Sampe ke TKP, saya cek spesifikasinya MB Gigabye GA 945GCM S2C, DDRII 512-667, Prosesor Pentium 4 3.0Ghz. Karena sudah lama dan rekan kerja yang instal tema windows, terasa lemot banget (I’m sure it’s not virus problem). Entah ada pengaruhnya or gak (instal tema windows 7 di windows xp) bikin lemot. Itu tergantung persepsi masing-masing orang. Uda gitu kompie nya buat narik program design kayak photoshop n corel draw…


Beberapa hal kecil saya coba seperti scan disk, disk clean up, cek virus, buang program yg startup di msconfig. Nah, pas buang program di msconfig itu (I suggest this is the cause of new problem), saya buang juga tema windows yang ikut nampil di startup windows, windows makin lemot, gak connect internet, network mati n gak bisa sharing, terakhir USB juga ikut-ikutan gak berfungsi. Utak-atik sana sini, ya ampun nyerah gue. Setelah backup semua data, akhirnya saya format dan instal ulang windows. Dulu sering saya instal tema Linux Ubuntu dan gak pernah masalah, kenapa yang ini ribet banget ya. Hmmm…a good experience, I think…

Leave a Reply

