Memperbaiki File Outlook yang Rusak

Malam Semua. Bekerja berhubungan dengan email adalah hal yang biasa bagi pekerja kantoran. Terkadang kalau email sudah sangat banyak, Outlook bisa terasa sangat lambat. (ket: di sini email client yang dibahas adalah Ms. Outlook). Saya sendiri lebih menyukai Outlook versi 2010, lebih stabil dan cepat dibandingkan versi pendahulunya, Outlook 2007 (sejauh yang saya coba, CMIIW). Memang sih kalau email sudah terlalu banyak, email bisa di-archive to archieve folders. Disini saya ketemu masalah sama Outlook 2007. Karena komputer di kantor cabang lemot dan internet nya lelet (lengkaplah penderitaan), sekali tarik email bisa 30-40 email dan sizenya cukup besar, Outlook seketika freeze dan hang. Saya coba tutup ‘paksa’ dan buka lagi alhasil yang saya dapatkan pesan warning kayak gini :

“A data file did not close properly the last time it was used and is being
checked for problems. Performance might be affected while the check is in
progress”


Bukannya selesai satu masalah, malah tambah 1 masalah baru, yaitu file Outlook terancam rusak. Kalau sudah ketemu yang begituan, kita bisa scan File pst Outlook. Pertama kita close dulu Outlook, kalau nge-hang buka task manager end process task Outlook. Masuk ke C:\Program Files\Ms. Office\Office12 (XP) cari scanpst.exe atau kalau gak ketemu search aja file scanpst.exe

Kita tinggal browse file Personal Folder (.pst) yang disimpan, lalu klik Start dan tunggu proses yang cukup memakan waktu ini. Pertama ‘initialize’ dulu 8 phase, setelah itu pilih ‘Repair’. Setelah selesai, Outlook bisa digunakan lagi. Sejauh yang saya tahu, banyak software untuk mengecek/memperbaiki file Outlook. Software ini bisa jadi alternatif kalau scanpst.exe tidak berhasil memperbaiki file Outlook yang rusak. Saya sendiri selalu menggunakan scanpst.exe untuk repair file Outlook.

Belakangan gw dapat error seperti gambar di bawah ini, juga bisa disolve dengan scan pst.

Semoga bermanfaat.😀
Tinggalkan pesan jika berkesan🙂

2 thoughts on “Memperbaiki File Outlook yang Rusak

Leave a Reply

