Alternatif Media Penyimpanan Online

Malam semua. Seperti yang kita ketahui, berkembangnya media online storage sangat mempermudah kita. Kita dapat mengakses media penyimpanan online di mana saja dengan akses internet tanpa perlu USB flash disk. Ada banyak media penyimpanan online saat ini yang tidak bisa saya sebutkan semua. Saya sendiri selalu menggunakan box.net selama kuliah dan dropbox. Kelemahan dua media ini seperti box.net dari fiturnya hanya 5GB dan tidak bisa upload lebih dari 25 MB (maklum, punya saya yang free, hehe…) atau dropbox di mana user yang hendak download file kita harus punya account dropbox dahulu. CMIIW

Ada 1 media penyimpanan online yang menyediakan kapasitas cukup besar, 50GB yakni adrive. Lebih dari cukup kalau sekedar buat backup data penting Anda.
Untuk versi gratis tidak support koneksi via FTP dan aplikasi desktop.
Sejauh yang saya coba tes upload, bisa upload di atas 50 MB (saya tidak tahu batas maksimal uploadnya). ADrive merupakan media online storage berbasis web dan bukan berupa aplikasi.

Cara penggunaannya cukup mudah walau tidak se-simpel box.net, Anda cukup registrasi free. Dalam versi Basic terdapat fitur untuk melakukan upload serta download file atau folder, akses data dari manapun, berbagi file ke sesama pengguna, serta transfer file secara remote pula.

Di samping itu Anda juga dapat melakukan penyuntingan dokumen secara online menggunakan Zoho Online Document Editor yang sudah terintegrasi di dalam ADrive. Tentunya bila Anda belum terpuaskan dengan versi ini maka Anda dapat beralih ke versi yang berbayar yang cukup lengkap.

Setelah registrasi Anda selesai maka akan ada konfirmasi via email. Saat pertama login ke akun Adrive maka Anda akan dihadapkan pada tampilan File Manager lengkap dengan posisi file atau folder yang akan disimpan. Ada 3 fungsi utama pada bagian atas File Manager yaitu Transfer Remote File, Downloader, serta Upload File/Directories. Untuk mengupload file, bisa berupa basic uploader atau web version dengan aplikasi Java. Kadang diperlukan verifikasi user dengan memasukkan isi captcha ke textbox yang tersedia.

P.S. – Untuk versi free, file yang kita upload ke adrive hanya berlaku 14 hari.

Semoga bermanfaat🙂

One thought on “Alternatif Media Penyimpanan Online

  1. Pingback: Ms. Outlook Hang Ketika Attach File Size Besar | Just Can't Get Enough

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s