Reset Cartridge Not Detected pada Printer Canon MP530

Siang hari ini ada keluhan rekan dari kantor cabang. Masalahnya printer gak bisa nge-print. Dilema printer yang sering terjadi karena tinta. Kita sering dilema pakai tinta original tapi mahal harganya atau pake refill tapi ada resiko rusak. Kebanyakan sih pake tinta refill. Apalagi beberapa pabrikan printer yang menghanguskan garansi begitu tahu kalau printer tersebut sudah pernah direfill/infus. Gw sendiri juga selalau memakai refill, hehehe… Nah, di kantor cabang pakai printer Canon MP530.

Karena printer direfill, ada aja masalah yang muncul. Sudah beberapa kali gw bahas di blog gw ini. Masalah yang muncul kali ini adalah cartridge not detect dan alarm on. Setelah gw angkat bagian panel navigasi (entah apa juga namanya), gw lihat cartride hitam kedap-kedip. Gw pastiin tintanya tidak habis (karena baru 1 minggu direfill). Akhirnya gw pake cara reset aja.

Awalnya gw tekan tahan tombol reset dalam keadaan printer off, terakhir gw coba dalam keadaan printer on. Gw tekan tahan tombol stop/reset sekitar 10 detik lalu tekan Ok selama beberapa detik (kadang perlu dilakukan berkali-kali). Alarm tidak on lagi dan gw coba tes print dan akhirnya berhasil. Printer bisa print kembali dan warna hitam-nya keluar.

Semoga bermanfaat.😀 Apabila ada trik lain, boleh donk share ke sini🙂

 

+Alpen Yap

Leave a Reply

