Mengecek Dead Pixel pada LCD

Kali ini gw akan bahas trik lama. Pernah dengar istilah dead pixel? Dead pixel (istilah kerennya dot) pada LCD (sejauh yang saya tahu tidak terdapat pada monitor) adalah satu atau kumpulan banyak titik (kadang berwarna) yang merupakan cacat pada LCD.

Dot Pixel terjadi pada saat proses produksi LCD, dan secara teknis sulit diperbaiki. Pada proses manufaktur sangat sulit menemukan produk-produk yang mengalami defect. Hal ini baru diketahui setelah LCD tersebut menjadi bagian sebuah produk utuh (seperti Laptop atau TV Plasma).

Dot Pixel juga lumrah terjadi pada semua industri yang menggunakan LCD : seperti Notebook, Televisi, HP/PDA, DVD Portable, MP4, Digital Camera, dsb. Jadi tidak hanya terjadi pada Notebook saja.

Karakteristik Dead Pixel:

– Tidak menular, artinya dead pixel tidak akan “menyebarkan” defect tersebut ke pixel layar lainnya.

– Bersifat individu (isolatif), dimana sebuah dot pixel tidak berhubungan dengan dot pixel lainnya. Mereka bersifat individu.

– Kecil kemungkinan melebar (membesar), karena ukuran pixel selalu tetap. Jika terjadi kerusakan resolusi dalam wilayah yang lebih luas, biasanya disebabkan kerusakan cairan kristal bukan pada pixelnya.

Ada yang bilang dead pixel bisa dihilangkan tapi dari dulu zamannya gw kerja di toko komputer, dead pixel merupakan cacat produk. Kadang dead pixel bisa berupa 1 titik yang sangat halus. Memang sih bagi sebagian orang dead pixel pada LCD tidak begitu dipermasalahkan, tapi bagi mereka yang kerja di bagian design, tentunya mereka tidak ingin adanya titik dead pixel pada LCD mereka. Gambar dead pixel bisa terlihat pada gambar di bawah ini

Nah, sesuai yang gw bilang di atas, kadang dead pixel bisa terlihat halus sekali sehingga tidak dapat dilihat langsung, mesti diperhatikan seksama. Karena dulu sering menghadapi klien yang klaim garansi LCD mereka, saya coba mencari tahu software untuk mengecek dead pixel ini.Yg gw dapat dead pixel tester.

walau banyak software sejenis, gw selalu make software ini. Dead pixel tester bisa di-download di sini

Semoga bermanfaat🙂

 

+Alpen Yap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s