Ms. Outlook Hang Ketika Attach File Size Besar

Pagi ini gw dapat keluhan rekan dari Sydney yang mengatakan email dia tidak bisa dikirim. Sebenarnya masalahnya uda dari kemarin, cuma baru gw cek hari ini, hehehe…Awalnya gw cek dari web server, emailnya bagus (belum over quota, sebenarnya over quota masih bisa kirim sih). Dia juga mengatakan emailnya berjalan lancar di aplikasi email pada iphone, berarti ada masalah dengan Ms. outlooknya. Setelah gw cek dengan bantuan team viewer, emailnya sangkut/pending di outbox. Setelah gw perhatikan secara seksama, emailnya meng-attach file sebesar 79 MB!!! Setahu gw outlook paling cuma bisa attach max 10MB++, CMIIW🙂

Saya coba mendelete langsung dari outlook, muncul pesan kira2 seperti ini “it is still sending“. Gw coba untuk edit dan re-sent, muncul pesan “cannot open this item“. Nah kalau uda ketemu beginian, apa yg mesti kita lakuin?

Hal yang bisa ditempuh adalah :

1. Delete/move email yang bermasalah tadi dalam keadaan Outlook OFFLINE alias tidak bekerja. Pertama, kita putusin koneksi internet kita, disconnect pada modem/wifi, atau disable pada Local Area Connection(LAN).

atau kita bisa coba cara kedua, dengan mengklik File-> Work Offline (Office 2007) atau tab send/receive -> Work Offline (Office 2010)

2. Masuk ke Outbox, pindahin email tadi ke folder Draft, bisa dengan drag & drop email atau edit-> Move to Folder (2007) atau klik kanan move->folder (2010). Ini akan memudahkan kita membuka kembali email yang sangkut/pending di Outbox dan kemudian me-remove file attachment size besar yang menyebabkan outlook stuck/hang. Kita juga dapat mendelete langsung email yang bermasalah ini dalam keadaan work offline.

3. Jika mis terima pesan error “the message is being transmitted“, matikan outlook, tunggu proses exit (kadang perlu juga pake Task Manager untuk exit si Outlook :D). Kemudian buka kembali Outlook lakukan langkah di atas lagi. Kadang untuk kasus ini perlu dilakukan restart Outlook.

4. Masuk kembali pada menu Work Offline dan deselect pilihan work offline. Kemudian coba send/receive email lagi (shortcut F9).

Sekedar saran, kalau memank harus mengirim file size gede mis hasil design grafis, bisa menggunakan media penyimpanan online seperti adrive, box.net, dropbox, dll…dan cukup memasukkan link hasil upload kita di media penyimpanan online tersebut pada email, jadi si penerima email download sendiri (toh kalau attach, mereka juga download waktu receiving email).

Demikian sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat. Komentar agan2 sangat ditunggu. Boleh mengutip artikel dengan tetap mencantumkan sumber aslinya.🙂

14 thoughts on “Ms. Outlook Hang Ketika Attach File Size Besar

  1. gan,kalo misalnya kita mau ngambil dan ngirim data di POP3 gimana yah caranya,saya kan udah nyoba nih,POP3nya ada di windows server 2003,terus clientnya window 7 make microsoft outlook,kok gak bisa terhubung yah padahal default gatewaynya udah di setting sesuai yang di windows 2003 servernya ,terus di ping juga udah reply,mohon bantuannya gan,ane pusing nih😦 ,terimakasih

  2. gan mau tanya. oditempat kerjaan ku, di delete gak bisa.. ada yang bisa tapi masuk ke trash. disana juga gak bisa didelete permanent. email tersebut sepertinya gak mau dihapus.
    padahal udah ku coba work offline… tapi tetep sama aja.
    File nya seperti di coret aja. tapi tidak bisa di delete

  3. tetap gak bisa didelete ya gan? biasa sih gw coba restart outlooknya bahkan komputernya, kalau gak bisa juga, saya backup file outlooknya, delete account lalu setting ulang. Semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s