Solusi Copyright Image di Blog/Website

Seperti yang kita tahu kalau konten di website baik artikel, foto, gambar semua ada copyright-nya. Tapi kalau sudah membahas copyright, rasanya pembajakan konten adalah hal yang biasa. Untuk artikel, kita boleh mengutip dengan tetap mencantumkan sumber asli. Saya juga sering mengutip artikel yang saya rasa bermanfaat dan memposting di blog saya. Tentunya saya juga menyertakan sumber aslinya. Kalaupun membatasi konten supaya tidak bisa klik kanan/copy, tetap aja ada cara untuk bisa copy konten seperti yang pernah saya bahas di sini.

Nah, bagaimana untuk gambar/foto ??? Okelah kalau kita mengambil foto/gambar orang yang ada copyright untuk kepentingan personal, tapi kalau untuk kepentingan promosi/iklan/komersil, hal itu tentu saja tidak diperbolehkan kalau tidak mau dituntut. Penggunaan gambar untuk blog berpotensi terjadinya pelanggaran hak cipta (copyright infringement). Kadang ada juga menyertakan sumber gambarnya. Waktu menulis skripsi juga saya dianjurkan oleh dosen pembimbing saya untuk menyertakan sumber gambar yang saya kutip dari googling.

Bagaimana dengan foto/gambar ber-lisensi Creative Commons Licenses ?
gambar dengan lisensi Creative Commons Licenses memang diizinkan untuk dicomot tapi tetap harus memberikan kredit seperti sumber, CMIIW.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan gambar yang kita ambil adalah gambar-gambar yang sudah tidak diketahui lagi sumbernya? Misalnya gambar dari teman/copy dari komputer lain, disk yang isinya gambar, dan lain sebagainya. Apakah gambar-gambar tersebut dapat menimbulkan pelanggaran hak cipta kalau saya posting di blog/website? Hal ini belum saya tahu untuk pastinya, tapi diusahakan sebisa mungkin untuk tidak mencomot gambar tersebut untuk kepentingan promosi/iklan.

Nah, kalau uda seperti ini, bagaimana solusi untuk hal ini selain mengambil foto/gambar dari karya sendiri seperti foto kamera dan lain sebagainya? Banyak situs yang menyediakan image free bebas copyright yang bisa kita pakai dan komersilkan. Situs ini seperti :

http://www.sprixi.com –> sign up 5$/bln
http://www.hdphotos.org –> yg ini ada keterangan situs di gambar
http://freehdphoto.com
http://www.sxc.hu –> ada yang versi berbayar
http://www.8wallpaper.com –> free wallpaper

Dengan adanya link di atas, kita dapat mencari gambar bebas lisensi dan tidak melanggar hak cipta. Tentunya kalau ada link bagus lain agan2 boleh share di sini🙂
Komentar, kritik, dan saran agan2 ditunggu untuk perbaikan blog ini….
Semoga bermanfaat😀

5 thoughts on “Solusi Copyright Image di Blog/Website

  1. Gan, bagaimana kalau saya upload gambar diblog dg menyertakan dari blog mana gambar tersebut saya peroleh, tapi blog yang saya ambil gambarnya tadi ternyata juga ambil dari sumber yang lain?. Sederhananya saya itu ambil gambar bukan dari sumber primernya.

  2. Halo Burhan,

    Kalau untuk bagusnya sih dengan case yang Anda sebutkan, kita tetap sertakan sumber gambarnya, walaupun blog yang kita ambil juga ambil dari sumber lain. Kita tetap sertain sumber, karena bukan gambar dari kita.

    Trims

  3. Permisi dan salam kenal mas, kalo kasusnya mengenai asal muasal asli dari suatu gambar, bisa pake bantuan google, gambar tinggal di drag ke search bar pada google image saya pernah coba pake cara itu

Leave a Reply

