Recovery Database Ms. Access

Malam semua. Kali ini pingin sharing lagi cerita tentang pentingnya backup data. Walau sering backup data di harddisk external, kejadian justru terjadi pas expo pameran pendidikan beberapa waktu lalu. Jadi ceritanya tiap kali pameran, selalu disediakan komputer untuk registrasi student (semacam buku tamu). Program yang gw buat dengan vb.net otomatis tersimpan ke database access (.mdb) yang biasa gw export ke excel. Setaon belakangan memakai program ini tidak masalah. Nah pas expo kemarin itu, entah apa yang gw buat (error komputer /rewrite/ke-delete) hilang semua database di komputer!!!

Segala cara mulai gw coba termasuk windows restore (gak bisa balikin file hilang). Akhirnya mulai proses recovery seperti tune up Undelete pada tune up utilities, get data back dll sebagainya gak ada yang berhasil. Mulai coba2 program recovery database hasil googling satu-persatu tidak ada yang berhasil. Sampai akhirnya ketemu Stellar phoenix access recovery yang bisa didownload di sini. Tentu saja program ini tidak gratis alias berbayar, sampai gw post artikel ini software ini dinilai $129.

Karena database saya tidak begitu banyak dan softwarenya cukup mahal apalagi tidak ada waktu untuk mencari software free/bajakan karena terdesak waktu deadline pengumpulan database, akhirnya gw cuma pake cara curang. Software ini bisa me-recovery database yang corrupt/rrewrite/delete sampai beberapa hari yang lalu. Cara curang yang gw maksud gw print screen jd Jpeg dan ketik manual database satu persatu. Memang tidak efisien, tapi database gw tidak banyak sehingga dirasa tidak perlu sampai membeli software.

At least gw banyak tertolong dengan software ini, belakangan gw tetap backup data dan tidak mau kejadian hilang database terulang lagi. Ini ceritaku, apa ceritamu? Boleh donk dishare😀

Leave a Reply

