Perbedaan Class pada MicroSD

microSD merupakan sebuah format kartu memori flash yang berfungsi untuk menyimpan data pada portabel device. dulu ada juga yang namanya MMC (Multi Media Card) tapi dari segi keamanan, lebih bagus microSD (Secure Digital) dan ukurannya lebih tebal dibanding MMC.

Pembagian class MicroSD yang menunjukkan speed Read dan Write nya, dapat dilihat pada tabel berikut. jika speednya rendah maka proses read & write nya akan terasa sangat lama.

Data Acuan x rating menurut wikipedia (walau nilainya hanya mendekati)


Bagaimana cara kita menguji speed class MicroSD pada tabel di atas? Berikut software portabel yakni h2testw v1.4 (yang berfungsi untuk mengetes kecepatan USB) yang dapat menguji speed sebuah microSD yang dapat didownload di sini.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Perbedaan Class pada MicroSD

  1. mau nanya n gan, class itu cm nunjukin keceptn, kalo micro sd asli hp ane class 2, bisa g di ganti sma microsd yang class nya lebih atas?

  2. Hi Mufid, kayaknya bisa sih, gak ngaruh. Biasanya yang ngaruh itu kapasitas microsd, karena masing2 hp pny batas maksimal kapasitas yang didukung, mis kayak android ane external memory cuma support sampe 32gb, gitu …thx🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s