Menyusutkan Kapasitas Harddisk

Gw coba instal laptop baru Acer S3 series sistem recovery windows 7 64bit original. Begitu diinstal semua, defaultnya semua kapasitas hardisk tersimpan ke C, hanya 1 drive sebesar 500GB. Karena gw biasanya terbiasa dengan 2 drive yakni C dan D, gw coba recovery ulang windows dengan partisi windows ke 2 drive. Tapi yang ada hasilnya tetap 1 drive C setelah direcovery. Gw coba cari software partisi tapi mengingat ini windows ori (harusnya bisa sih), gw gak jadi partisi harddisk.

Langkah terakhir yang gw tempuh dengan menyusutkan / Shrink kapasitas harddisk sehingga harddisk terbagi 2 partisi. Caranya masuk ke computer management (klik kanan computer->manage), pilih Disk Management. Kita tinggal klik kanan drive yang mau kita shrink pilih ‘Shrink Volume‘. Kita masukin total kapasitas yang kita mau, terus klik Shrink seperti tampak pada gambar di bawah.

Setelah selesai, maka akan keluar total kapasitas harddisk yang belum kita alokasikan. Kita tinggal buat partisi dari sini.

Semoga bermanfaat.🙂

3 thoughts on “Menyusutkan Kapasitas Harddisk

Leave a Reply

