beda NAS dan SAN

beda nas dan san

Kemarin2 sempat dibahas di kelas sewaktu kuliah, apa beda NAS dan SAN? Secara fisik gw ngerti tapi bingung juga cara jelasinnya. Di kantor uda lama pake NAS dan pernah gw bahas sekilas cara settingnya di sini. Ada lagi yang namanya DAS (Direct Attached Storage)

Jadi secara definisi, SAN (Storage Area Network) / suatu jaringan area penyimpanan, terdiri dari jaringan kecepatan tinggi, suatu sub network untuk perangkat penyimpanan bersama. Pada conviguration SAN
memungkinkan semua perangkat penyimpanan untuk terhubung ke semua server pada jaringan
area lokal atau jarinagan WAN. Sedangkan NAS (Network Attached Storage) Sebuah nerwork terpasang penyimpanan perangkat NAS adalah server yang akan didedikasikan sepenuhnya untuk mengajukan sharing. Ini memungkinkan server lain yang akan didedikasikan untuk pengolahan actvities, sedangkan perangkat NAS
didedikasikan untuk penyimpanan.

Storage Area Networks (SAN) dan Network-attached storage (NAS) keduanya adalah teknologi media penyimpanan (storage) yang terhubung ke jaringan, dan merepresentasikan teknologi penyimpanan (storage) dan jaringan. Sebuah SAN adalah jaringan dedicated untuk peralatan penyimpanan (storage) dan host, yang terpisah dari LAN/WAN di perusahaan. SAN di rancang untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan, dan memisahkan trafik backup yang bandwidth intensif dari trafik normal LAN/WAN. Keuntungan lain SAN termasuk menaikan konektifitas antara server dan peralatan penyimpan, maupun managemen data yang terpusat. NAS adalah file server yang di khususkan, tersambung ke jaringan. NAS menggunakan protokol LAN seperti ethernet dan TCP/IP, yang memungkinkan NAS untuk lepas dari limitasi yang ada di teknologi SCSI. Beberapa produk NAS, seperti Network Appliance Filer dan Auspex server adalah peralatan penyimpan (storage), dan tersambung langsung ke jaringan messaging atau jaringan publik. NAS produk cenderung untuk di optimasikan untuk penggunaan file server saja.

Masing-masing pendekatan mempunyai kelebihan masing-masing, konsensu umum menunjukan bahwa SAN merepresentasikan hubungan media penyimpan masa depan. Peralatan NAS tentu akan terus menjalankan fungsi spesifik mereka, tetapi indikasi trend menunjukan bahwa organisasi data-centric akan melakukan migrasi ke arah model SAN. Bagaimana cara me-manage SAN Saat ini ada dua (2) metoda dasar dalam managemen SAN: • SNMP (Simple Network Management Protocol): SNMP berbasis TCP/IP dan managemen peringatan dasar, yang memungkinkan sebuah node di jaringan memperingatkan kegagalan dari komponen sistem. Akan tetapi SNMP sulit untuk memberikan managemen yang bersifat proaktif maupun keamanan (security). • Proprietary Management Protocol: Beberapa perusahaan menyediakan perangkat lunak managemen SAN.

Biasanya perangkat ini dijalankan di terminal yang terpisah (biasanya mesin NT) yang terhubung ke SAN. Dengan menyambungkan terminal managemen ini akan membuka beberapa kemampuan lain dari SAN, seperti zoning (security), mapping, masking, maupun fungsi backup and restore functions, dan managemen kegagalan. SAN Manager Sebuah SAN manager adalah perangkat lunak prorietary Storage Area Network managemen yang memungkinkan managemen terpusat dari host Fibre Channel dan peralatan penyimpanan (storage). Sebuah SAN manager akan memungkinkan sistem untuk menggunakan secara bersama kumpulan media penyimpanan di SAN, sambil memungkinkan SAN administrator untuk mengambil manfaat penuh dari aset media penyimpanan yang ada, dan pada akhirnya menekan biaya dalam menjalankan sistem yang ada dengan lebih effisien.

Dgn berbagai teknologi penyimpanan informasi yg tersedia saat ini, bagaimanakah cara yg terbaik utk menentukan solusi mana yg paling tepat utk sebuah perusahaan? DAS, NAS dan SAN semua menawarkan keuntungan yg luar biasa, tetapi masing-masing hanya cocok utk lingkungan dan situasi tertentu. Utk itu pertimbangkan sifat data dan aplikasi, seberapa kritis dan intensif kah pengolahan data-nya? Berapa tingkat minimum yg disepakati terhadap kinerja dan ketersediaan data? Apakah data yg di-sharing atau dikelola itu utk satu lingkungan kantor, ataukah didistribusikan antar gedung atau perusahaan? Oleh karena itu, seorang profesional TI harus membuat penilaian yg komprehensif dari kondisi dan persyaratan saat ini disamping menjaga tujuan bisnis perusahaan utk jangka panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s