Android Restart Sendiri

android restartSetelah lama menggunakan sistem operasi Android pada Samsung, akhirnya baru kali ini saya ketemu Android saya sering restart2 sendiri. Padahal Samsung Nexus gw belum pernah diroot sebelumnya, beda dengan Samsung Galaxy W gw dulu yang gw root. Awalnya saya coba masuk safe mode pada Android, cek apakah ada yang crash. Banyak hal yang bisa kita lakukan kalau ketemu masalah ini, di antaranya :


1. Matiin aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, biasanya kita suka sering lupa mematikan aplikasi yangs sedang berjalan yang berdampak pada performa Android. Atau bisa instal aplikasi task killer yang mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

2. Hapus Aplikasi yang tidak dipakai
Tidak hanya aplikasi pihak ketiga (third party) saja yang perlu dihapus dari menu Anda. Mis, layanan Gtalk bawaan Android jarang dipakai, juga boleh dihapus. Widget dan aplikasi live wallpaper kalau gak dipakai juga boleh dihapus. Selain dapat menghemat RAM, akan mempengaruhi ke kinerja android.

3. Pindahkan/Instal aplikasi di memori external (SD Card)
Banyak aplikasi gratisan di Play Store untuk memindahkan aplikasi terinstal ke memori external, seperti MoveToSd, Apps2Sd, dll. Kalau aplikasi dan data (lagu,foto,video) terlalu banyak, cobalah perbesar kapasitas SD card.

4. Jangan Overclock CPU berlebihan
Overclock CPU di sini sama dengan overclock pada komputer. Iya, performa jadi kencang sesudah overclock, tapi banyak efek lainnya seperti force close, not responding, hang, bahkan freeze sampai ke bootloop

5. Kemungkinan Virus?
Pastikan Android dilengkapi dengan antivirus. Adanya virus baik worm, trojan, malware keylogger atau rootkits yang bersarang di Android dapat menyebabkan Android restart2.

6. Kemungkinan ada software yang crash
Dari kasus saya, setelah saya update software di Play Store, Android jadi sering restart2. Jadi saya masuk ke safe mode dimana aplikasi third party di-non aktifkan, saya hapus aplikasi tersebut.

7. Kalau cara2 di atas masih belum bisa, mau gak mau harus di format ulang, set ke factory reset (default).

Sekian sharing saya. Semoga bermanfaat🙂

Silahkan tinggalkan pesan kalau ada tambahan tipsnya😀

+Alpen Yap

Leave a Reply

