Anonimitas di Internet

internet_anonymityPertumbuhan internet memicu penggunaan anonimitas dan nama samaran dalam komunikasi elektronik. Di dunia nyata, identitas berada dalam tataran dimana seorang individu dikenali berdasarkan identitas tersebut serta individu tersebut bertanggungjawab atas tindakannya; di dunia maya identitas semata hanyalah user-ID.
Salah satu aktivitas berinternet yang paling digandrungi sekarang adalah social media.

Apa itu anonimitas? Anonimitas adalah tidak ber-identitas. Anonimitas di Internet seperti menggunakan identitas lain di internet. Internet dan social media tidak hanya menyediakan lingkungan yang jauh kurang disiplin dari dunia nyata, tapi juga mengijinkan anonimity atau orang dengan identitas berbeda.

Salah satu social media yang melarang anonimity adalah Google+, di mana Google+ hanya mengizinkan pengguna menggunakan identitas asli. Haruskah Anda memasukkan identitas anda di internet secara real? Banyak di internet orang yang hanya menggunakan nama samaran, identitas samaran alias anonim. Apa kerugiannya? Mereka akan seenaknya berkata apapun, karena tak ada yang tahu identitasnya. Seperti sekarang dalam masa pemilu presiden, ada sangat banyak pasukan cyber dengan nama anonim yang menyerang pihak tertentu.

Pada awal masa popularitas internet mulai naik, anonimity adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam berinternet. Pemakaian nama asli dan pembeberan identitas asli seperti tempat tinggal, tempat kerja atau kuliah atau sekolah, apalagi nomor telpon, sangat tidak dianjurkan pada masa itu. Tapi seiring bertumbuhnya social media seperti facebook, twitter, anonymity malah dipandang miring karena dianggap mata-mata, spam, bot, dll.

Bahkan ada yang menyebut anonimitas internet sebagai penipu/tipuan digital. Apa dasarnya? Karena seperti yang dipaparkan sebelumnya, orang dapat berkomentar negatif atau seenaknya karena hanya menggunakan nama anonimitas.

Dalam social media, orang lebih cenderung menggunakan identitas asli terutama saat tren facebook dan twitter semakin naik. Kalau di blog dan forum, masalah identitas bukanlah masalah yang penting. Banyak yang menggunakan username berbeda / anonim untuk forum dan blog. Sisi positifnya, orang dapat berbagi informasi, berita, dan ilmu melalui media blog atau forum tanpa diketahui identitas aslinya.

Anonimitas erat kaitannya dengan privasi. Tapi prinsipnya Anonimitas adalah untuk privasi sedangkan privasi belum tentu membutuhkan anonimitas, walaupun biasanya memerlukan. Ada orang yang mengaku, menggunakan identitas anonim karena masih menjaga privasinya dalam dunia online.

Sebagai penutup, sebagai kesimpulan saya mengganggap anonimitas masih diperlukan di dunia online untuk menjaga privasi seseorang dan alangkah baiknya ada UU khusus yang menjelaskan tentang ini.

+Alpen Yap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s