Tips Sukses Promosi FB Ads

tips sukses fb ads

Seiring dengan promosi online yang mulai banyak dilakukan, kita juga dapat melakukan promosi melalui iklan berbayar melalui fb. Iklan Berbayar dari FB atau FB ads, adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu bisnis produk / jasa dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Nah, agar dapat maksimal dalam mempromosikan produk/jasa melalui fb ads, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Set target marketing yang jelas

Sebelum mulai promosi di iklan fb ads, pastikan target marketing jelas untuk bisnis Anda agar biaya yang dikeluarkan untuk iklan fb ads gak sia-sia. Beberapa tujuan misalnya : sekedar branding merk produk/jasa, promosi event, promo barang-barang tertentu, dll

2. Analisa target market bisnis Anda

Di fb ads, bisa ditentukan iklan untuk range umur berapa, gender, wilayah, minat dll yang disebut Facebook Demographic Targeting sehingga Anda bisa menentukan target yang lebih pas. Misalnya, produk baju bayi akan terasa kurang cocok untuk remaja usia 15an.
Contoh dapat dilihat pada gambar berikut.

target market fb

Target market dapat berupa umur, jenis kelamin, lokasi (Negara, kota), bahasa, minat, sampai ke behavior.

3. Jangan lupa tambahkan kalimat call to action di iklan

Mengingat keterbatasan teks, (judul 25 karakter & teks 90 karakter), gunakan kalmiat seperlunya untuk iklan dan diakhiri call to action. Jangan lupa, judul dan isi konten relevan dan tepat sasaran. Contoh dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Ukuran gambar yang pas adalah 673 x 373 pixel. Gambar kalo kebesaran sizenya biasanya akan otomatis disesuaikan dari facebook.

call to action

4. Analisa dan testing iklan, ubah secara berkala

Lakukan monitoring apakah iklan yang kita pasang memenuhi KPI (Key Performance Indicator) bisnis kita, kalau tidak memberikan hasil, coba ubah atribut target iklan. Misalnya ganti range umur, lokasi, bahasa, dll.

Sifat iklan di fb ads real time, artinya kita bisa langung memonitoring, pause dan non aktifkan ads kita.

monitor ads

5. Jangkau lebih banyak orang dari Iklan News feed

Iklan dapat diset apakah tayang di desktop, mobile atau di newsfeed. Cobalah pasang juga di news feed untuk menjangkau lebih banyak orang.

news feed ads

Semoga bermanfaat.

+Alpen Yap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s